KPU Diminta Bijaksana Putuskan Anggota Dewan

share on:
Yohanis Kibak Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Yohanis Kibak meminta KPU Kabupaten Mimika untuk bijaksana tanpa intervensi dan sesuai dengan pilihan rakyat dalam menentukan calon anggota DPRD Mimika terpilih periode 2019-2024 . Pasalnya, banyak isu berkembang bahwa pemilu legislatif (pileg) 2019 di Mimika banyak kepentingan dan rawan adanya kecurangan.

“KPU ambil keputusan penetapan kursi harus bijaksana, tidak boleh ada kepentingan dari manapun dan intervensi dari pihak manapun. Harus dipikir baik-baik, jangan sampai buat kegaduhan,” kata Yohanis di Kantor DPRD Mimika, Selasa (21/5).

Menurut Yohanis, dalam Pemilu 2019 banyak kejanggalan yang dibuat oleh pihak penyelenggara tingkat bawah. Oleh sebab itu, pihak KPU Mimika harus melihat dan mempertimbangjan kembali terhadap hasil kinerja dari pihak penyelenggara tingkat bawah, sehingga nantinya KPU membuat keputusan yang bijaksana.

“Pemilu kemarin itu macam KPU tidak punya wibawa, seperti kami lihat KPU yang diatur oleh tingkat bawah, bukan KPU yang mengatur mereka, dan ini sangat disayangkan,” ucapnya.

Yohanis meminta kepada Bawaslu Mimika untuk melihat permasalahan yang terjadi sehingga bisa mengingatkan KPU Mimika. Hal tersebut agar KPU Mimika lebih memperhatikan penyelenggara tingkat bawah sehingga tidak terjadi kecurangan.

“PPD ini rawan kecurangan. Bawaslu harus melihat itu, jangan malah didiamkan. KPU juga seharusnya pantau satu persatu PPD agar kecurangan tidak terjadi. Jika tidak diawasi, pasti banyak kecurangan karena banyak kepentingan,” ujarnya.

Yohanis pun kembali mengingatkan KPU Mimika dalam menetapkan kursi DPRD Mimika harus dilakukan secara jujur dan bijsksana sesuai pilihan rakyat. “Saya minta KPU dalam penetapan kursi DPRD Mimika harus hati-hati dan harus bijaksana,” kata Yohanis. (reg)

share on:

Leave a Response