KPU Mimika Lantik Anggota PPDP

share on:

Timika, HP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika melantik Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua dan bupati dan wakil bupati Mimika yang bertempat di Gedung MPCC LPMAK, Kamis (18/1). Pelantikan PPDP berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Mimika Nomor 02/HK. 04.0-KPTS/9109/KPU-KAP/I/2018 tentang Pengangkatan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Komisioner KPUD Mimika, Luis Rumaikewi usai acara pelantikan mengatakan  anggota PPDP ini direkrut dari masyarakat yang bisa membantu melaksanakan pemuktahiran data pemilih.

“Anggota PPDP ini terpisah dengan anggota PPD dan PPS. Karena memang ada tugas khusus yang diberikan kepada PPDP,”kata Luis.

Luis menjelaskan,  secara nasional pelaksanaan pemutakhiran data serempak itu bagi seluruh penyelenggara dari tingkat pusat,  provinsi sampai kabupaten/kota pada 20 Januari.

“Jadi pada 20 Januari itu bagi seluruh penyelenggara, yang selanjutnya PPDP yang akan turun ke rumah-rumah untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.  Jadi masa tugas mereka selama dua bulan,”terang Luis.

Luis berharap  PPDP bekerja dengan baik dan harus memastikan penduduk setempat itu terdaftar sebagai pemilih.

“Artinya harus punya E-KTP, kartu keluarga. Apabila belum terekam, maka ada beberapa form yang disiapkan untuk diisi. Proses pemutakhiran data ini warga yang punya hak belum terdata itu dimasukan untuk keseluruhan secara baik. Agar pada saatnya semua yang punya hak pilih bisa ikut pemilihan dengan baik,” jelas Luis.

Luis menambahkannya bahwa, dari hasil pemutakhiran data, proses seterusnya itu akan disampaikan ke KPU.   “Jumlah PPDP ini kurang lebih 400 orang. Jadi anggota PPDP ini nanti ditempatkan satu orang per TPS. Kalau TPS di Kabupaten Mimika belum tahu berapa jumlahnya,”ujarnya.

Usai mengucapkan sumpah janji yang didampingi masing-masing oleh rohaniawan, para anggo PPDP menandatangani berita acara pelantikan. Setelah itu mereka mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dari KPU Mimika soal teknis pemutakhiran data oleh komisioner KPU Mimika. (reg)

Tags:
share on:

Leave a Response