KPU Sudah Serahkan SK Caleg Terpilih ke Provinsi

share on:
SERAHKAN - Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola saat menyerahkan berita acara pleno penetapan caleg terpilih kepada perwakilan partai politik di Graha Eme Neme Yauware, Kamis (1/8) lalu Foto : Ryeno guritno/ HP

 

“Tetap SK itu mengetahui Bupati,

Gubernur dan Mendagri selanjutnya dari Mendagri dikembalikan kepada

Gubernur untuk melakukan pelantikan. Jadi, mereka akan dilantik oleh Gubernur”

 

Timika, HP

Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola mengatakan Surat Keputusan (SK) Penetapan Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih yang ditetapkan dalam pleno KPU Mimika beberapa waktu lalu, sudah diserahkan ke KPU Provinsi Papua. Selanjutnya Sehingga bisa ditindak lanjuti oleh propinsi dan diserahkan kepada pusat sehingga pelantikan bisa dilakukan sesuai jadwal.

“Secara kelembagaan KPU, kami sudah serahkan SK kepada provinsi seminggu yang lalu. Selanjutnya KPU Provinsi Papua akan meneruskan ke KPU RI,” kata Indra saat dihubungi lewat telepon, Rabu (14/8).

Indra menjelaskan, SK tersebut secara birokrasi mengetahui Bupati Mimika, Gubernur Papua dan Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya para caleg terpilih tersebut akan dilantik oleh Gubernur Papua. Pelantikan para wakil rakyat itu dilakukan sesudah masa jabatan DPRD Mimika yang lama berakhir.

“Tetap SK itu mengetahui Bupati, Gubernur dan Mendagri selanjutnya dari Mendagri dikembalikan kepada Gubernur untuk melakukan pelantikan. Jadi, mereka akan dilantik oleh Gubernur,” jelasnya.

Indra berharap pelantikan anggota DPRD Mimika bisa dilakukan secepatnya sesuai jadwal yang ada, sehingga masa tugas DPRD Mimika bisa berjalan normal sesuai yang diamanatkan oleh rakyat yang telah memilih mereka sebagai wakilnya di lembaga legislatif.

“Bagaimana pun kita mengedepankan kepentingan masyarakat. Perjuangan politik ini kan bagaimana orientasinya, bagaimana kemasalahatan masyarakat, bukan kepentingan pribadi atau kelompok. Sehingga kami mendorong supaya bagaimana secepatnya dilakukan pelantikan,” ungkapnya.

Selain itu, Indra juga berharap para caleg terpilih setelah dilantik nanti betul-betul menjalankan tugas dan fungsinya sesuai harapan masyarakat, sehingga aspirasi masyarakat pun bisa tersalurkan dengan baik.

“Kita tidak mau mengulangi fenomena-fenomena pahit pada periode kemarin. Molornya pelantikan anggota DPRD tentu merugikan masyarakat melalui kebijakan-kebijakan, sehingga banyak aspirasi masyarakat yang tidak tersalurkan,” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response