Maraknya Penyelundupan Miras, Polsek KP3 Bandara Perketat Pengawasan

share on:
Ipda Enis M Romony ,Kapolsek Kawasan Bandara Mosez Kilangin Timika Foto: Ricky Lodar/Hp

Timika, HP

Dengan semakin maraknya aksi penyulundupan Minuma Keras (Miras) ,Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Polres Mimika akan memperketat pengamanan dan pengawasan di area Bandara Perintis Moses Kilangin Timika.

Hal tersebut ditegaskan, Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Polres Mimika, Ipda Enis M Romony kepada Harian Papua melalui telepon selulernya, Jumat (13/9).

Ipda Enis mengatakan, pasca penyitaan 83 minuman lokal jenis sopi oleh petugas keamanan bandara. Kini pihaknya tengah mengantisipasi marakadanya penyelundupan serupa ke beberapa kabupaten tetangga untuk di jual.

Ia menjelaskan, pengiriman miras tersebut diyakini bukan kali ini saja, namun diduga sudah sering terjadi namun luput dari pengawasan pihak keamanan sehingga penyelundupan miras tersebut terusĀ  dilakukan untuk dijual di kabupaten tetangga.

“Setelah penyitaan miras kemarin, kita tingkatkan pengawas terhadap barang yang akan dikirim ke Kabupaten di wilayah pegunungan,” kata Enis.

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap barang yang masuk ke timika maupun yang akan dikirimkan keluar Timika agar steril dari adanya pengiriman miras. Apabila ditemukan, tetap akan dilakukan penyitaan terhadap barang-barang tersebut dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Tapi tetap kami melakukan pengawasan terus supaya tidak ada warga yang bawa miras masuk ke Timika begitu juga untuk dikirim keluar Timika,” ungkapnya

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pengawasan, pihaknya akan berjasama dengan petugas bandara dalam hal ini security bandara, pihak Lanud Yohanis Kapiyau untuk melakukan pencegahan pengiriman miras yang mana berpotensi menimbulkan masalah.

Salah satu contoh, setelah mengkonsumi miras, seseorang bisa melakukan diluar batas kewajaran baik melakukan penganiayaan, pembunuhan hingga terjadi kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan meninggal dunia. (cr13)

share on:

Leave a Response