Mengenang Jasa Para Pahlawan, Wabup Yohanis Bassang Pimpin Tabur Bunga

share on:
TABUR BUNGA - Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang saat memimpin acara tabur bunga di dermaga PPI Pomako, Selasa (13/8) Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang gugur di medan perang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mimika menyelenggarakan kegiatan tabur bunga di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako, Selasa (13/8).

Upacara penghormatan yang ditandai dengan melarutkan karangan bunga ke laut tersebut dipimpin Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Mimika.

Wabup Yohanis Bassang mengatakan, upacara penghormatan dan aksi tabur bunga ke laut dilakukan sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan nyawa mereka untuk meraih kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

“Upacara ini untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI yang saat ini kita rasakan bersama. Tanpa perjuangan mereka,  kita tidak mungkin menghirup udara kebebasan seperti saat ini. Karena itu dengan semangat dan jiwa besar kita harus melaksanakan dan memperingati itu,” kata Bassang kepada wartawan usai kegiatan.

Sebagai generasi penerus bangsa, sebut Bassang, setiap orang Indonesia wajib menghormati jasa-jasa para pahlawan dengan mengadakan upacara seperti ini. “Saya pribadi mengatakan tanpa perjuangan mereka, saat ini kita tidak bisa merasakan yang namanya merdeka dan menghirup udara kebebasan seperti sekarang ini. Oleh karena itu mari sama-sama dengan jiwa besar untuk melaksanakan hal-hal seperti ini,” tandasnya.

Selain Forkompinda, acara tabur bunga tersebut dihadiri pula Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, para Asisten Sekda, Basarnas Timika, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Mimika. (zhu)

share on:

Leave a Response