Minggu Ini DLH Serahkan 20 Unit Motor Sampah ke Kelurahan

share on:

Timika, HP

Guna memaksimalkan pengangkutan sampah ditiap-tiap lorong, Dinas Lingkungan Hidup akan menyerahkan 20 unit motor sampah bantuan dari Bupati dan Wakil Bupati Mimika ke semua kelurahan yang berada didalam kawasan tiga distrik wilayah kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit saat ditemui Harian Papua diruang kerjanya, Rabu (22/1) mengatakan, bahwa penyerahan motor sampah tersebut diharapkan bisa mengatasi permasalah yang selama ini terjadi di Kabupaten Mimika.

“Kita akan jadi tuan rumah pelaksanaan Pesparawi dan PON, jadi kita harus maksimalkan untuk menuntaskan masalah sampah. Melalui penyerahan motor sampah ini, kita akan berdayakan semua kelurahan dan kepala kamung yang ada dalam tiga distrik wilayah kota,” tuturnya.

Menurutnya, langkah tersebut bukan hanya karena ingin menjadi tuan rumah Pesparawi dan PON semata, namun untuk kepentingan kota Timika kedepannya.

“Kita akan berdayakan semua kelurahan dan kepala kampung yang ada dalam 3 distrik dalam kota, yang nantinya jadi jalur Pesparawi dan PON, semua jalan harus bersih dari sampah sehingga peran dan kepala kampung sesuai dengan arahan Bupati dan Wakil Bupati Mimika untuk tampil didepan dalam menangani sampah,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa hal pertama yang mereka harus lakukan adalah menetapkan titik-titik TPS disetiap kelurahan, dan persayaratan TPS harus ditempatkan jauh dari dijalan raya sehingg tidak mengganggu pemandangan.

“Nanti petugas kebersihan dari kita yang akan angkut sampah dari TPS itu. Sementara yang bertugas mengangkut sampah ditiap-tiap kelurahan atau depan rumah adalah petugas dengan kendaraan roda tiga yang nanti kita akan bagikan,” ungkapnya.

Ditambahkan, bahwa bantuan motor sampah sebanyak 20 unit tersebut ke semua kelurahan diharap bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak ada lagi tumpukan sampah disiang hari seperti yang terlihat dibeberapa sudut kota.

“Kita kurang apa lagi dalam memberikan sosialisasi mengenai waktu pembuangan sampah. Ktia dari dulu pasang iklan di media-media cetak, bagi brosur secara langsung ke pejalan kaki maupun pengguna kendaraan. Tinggal kesadaran masyarakat saja,” imbuhnya. (Zhu)

 

share on:

Leave a Response