Nurman : Tunjangan Rumah Anggota Dewan Rp 7 Juta Perbulan

share on:
M Nurman S Karupukaro Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Anggota DPRD Mimika M Nurman S Karupukaro mengatakan bahwa tunjangan rumah jabatan anggota DPRD Mimika Rp 5 sampai Rp 7 juta perbulan.

Selama ini seluruh anggota dewan tidak ada yang menempati rumah dinas melainkan mendapatkan hak untuk sewa rumah juga kontrak rumah, tunjangan tersebut diterima oleh ke 35 anggota DPRD Mimika sebagai ganti rumah dinas.

“Setiap tahun pasti ada perubahan untuk tunjangan perumahannya, tapi kemarin itu yang periode kami itu satu bulannya 5 – 7 juta per bulan. Itu sudah sama dengan pembiayaan dengan pembantu dan lain sebagainya,” kata Nurman kepada wartawan di kantor Radio Publik Mimika, Kamis (10/10) lalu.

Nurman mengakui rumah dinas yang ada dan sudah disediakan untuk anggota DPRD Mimika jumlahnya kurang,  makanya anggota DPRD sepakat untuk tidak menempati rumah dinas tersebut. Pasalnya total sejumlah 35 anggota DPRD lantaran rumah dinas yang disiapkan hanya 25 rumah dan jumlah tersebut tidak setara dengan jumlah anggota DPRD yang ada.

“Anggota DPRD ada 35 orang dan rumah dinas DPRD hanya ada 25 rumah, jadi hampir semua anggota DPRD tidak menempati rumah dinas tersebut sehingga sudah diserahkan ke pemerintah tahun ini,” ungkapnya.

Menurut Nurman,  di era masa jabatan DPRD periode 2014-2019 telah mengembalikan perumahan DPRD kepada pemerintah untuk digunakan, sedangkan hak 35 anggota dewan dari rumah dinas tersebut diganti dengan tunjangan perumahan.

Dijelaskan, bahwa dengan tinggal di kos atau rumah kontrakan artinya bisa dekat dengan masayarakat dan lebih melihat fakta kehidupan rakyat selama ini. Sikap ini juga bagian dari keteladanan anggota dewan untuk hidup lebih sederhana tidak mempertontonkan kemewahan dan eksklusifisme.

“Untuk rumah dinas yang ada kita sudah kembalikan kepada Pemkab Mimika dan sebagai gantinya kita dapat uang tunjangan rumah dinas,”ujarnya.(reg)

share on:

Leave a Response