Operasi Patuh Matoa Lebih Fokus Pada Sosialisasi dan Pencegahan

share on:
Satlantas Polres Mimika Gelar Operasi Patuh Matoa 2019 Foto : DOK/HP

Timika, HP

Kasat Lantas Polres Mimika AKP Viky Pandu Widhapermana, SH, S. IK. MH mengatakan operasi Patuh Matoa 2019 yang dilaksanakan selama dua minggu lebih cenderung kepada sosialisasi atau pencegahan ketimbang penilangan.

“Jadi operasi patuh kali ini memang berbeda dengan operasi patuh sebelumnya yang lebih cenderung ke penilangan,” kata Kasat Lantas saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Senin (7/10).

Viky menjelaskan, operasi patuh matoa yang lebih difokuskan pada sosialisasi lantaran kondisi keamanan di Papua, sehingga operasi tersebut dilakukan lebuh humanis.

“Tapi karena situasi kamtibmas dan kondisi di Papua kurang kondusif, jadi operasi patuh kali ini kita lebih ke preemtif dan bukan represif,” jelasnya.

Fokus utama sosialisasi lebih difokuskan pada usia-usia produktif yakni pelajar SMA yang sangat rentan sekali menjadi korban kecelakaan karena tidak menggunakan helm, tidak menaati aturan lalu lintas dan juga miras.

“Jadi untuk kegiatan preemtif kita lakukan sosialisasi dikalangan SMA karena mereka ini usia rawan dan banyak sekali korban laka itu antara umur 15 sampai 21 tahun makanya kita sasar anak-anak SMA,” ungkapnya. (Rik)

share on:

Leave a Response