Peben Jikwa : Mekarkan Kampung Harus Memenuhi Syarat

share on:
Peben Jikwa Foto : Husyen abdillah - Harian Papua

TIMIKA,HP

Anggota Dewa Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika dari Komisi A Peben Jikwa berharap Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung agar selektif dalam menentukan pemekaran kampung dan harus memenuhi syarat.

“Saya berharap maraknya rencana pemekaran kampung yang dicanangkan pemerintah daerah harus benar benar memenuhi syarat dan unsur unsur yang ditentukan melalui regulasi. Seperti, luas wilayah kampung, Jumlah Kepala Keluarga, sarana pendukung lainnya. Jangan hanya bernafsu mekarkan kampung tapi semua syarat tidak memenuhi ketentuan,”tegas Peben Jikwa di ruang kerjanya kantor DPRD Mimika, Kamis (11/7).

Peben yang merupakan anggota Fraksi Mimika Bersatu mengakui bahwa pemerintah daerah melalui OPD tehnis untuk mencermati penggunaan Dana Desa (DD) yang telah dikucurkan oleh pemerintah ke kampung kampung.

“Belajar dari pengalaman saat ini banyak Dana Desa yang digunakan tidak sesuai porsinya sehingga masyarakat yang harusnya menerima langsung dampaknya tidak merasakan. Bahkan DD banyak hanya untuk kepentingan Kepala Kampung dan Bamuskam untuk foya foya,”keluhnya.

Karena itu, Peben mengusulkan agar rencana pemekaran kampung yang belum memenuhi syarat sesuai ketentuan Undang Undang untuk dipending dulu.

“Jangan hanya ingin memekarkan kampung tapi ujung ujungnya hanya untuk bagaimana mendapatkan uang melalui pemekaran kampung. Cukup sudah hanya untuk cari uang memperkaya oknum oknum tertentu dan masyarakat hanya menjadi objek,”tutur Peben.

Kalau untuk sebuah pemekaran kampung demi memajukan kampung dan mensejahterakan warganya, kata Peben silahkan saja tapi kalau hanya untuk proyek mendapatkan uang harus dipikirkan secara matang.

“Kalau pemekaran dengan tujuan positif demi meningkatkan kwalitas hidup masyarakat sah sah saja, tapi kalau hanya untuk sesaat saja baiknya jangan dilaksanakan. Lebih fokus kepada pemanfaatan dana desa di kampung tersebut, apakah sudah tepat sasaran atau belum. (opa)

share on:

Leave a Response