Pemerintah Siap Merecovery Bangunan Yang Terbakar

share on:
Menpolhukam RI Wiranto saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Rimba Papua Hotel Rabu (9/10) Foto : Marsel Balawang/HP

Timika, HP

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menpolhukam) Republik Indonesia Wiranto mengatakan pemerintahan akan membangun kembali ruko dan juga rumah warga yang dibakar pada kerusuhan di Wamena beberapa waktu yang lalu.

“Pak Gubernur Papua malam tadi sudah siap membangun ruko-ruko yang terbakar yang sudah rusak, rumah rumah terbakar dan rusak,” kata Wiranto saat ditemui di Rimba Papua Hotel usai melakukan tatap muka bersama para pengungsi, Rabu (9/10).

Wiranto mengatakan proses recovery yang dilakukan di Wamena adalah proses recovery fisik dan recovery psikologis. recovery fisik adalah membangun kembali rumah dan ruko yang di bakar, proses instalasi kembali jaringan listrik yang rusak dan juga fasilitas fasilitas umum lainnya yang dirusak. Saat ini semua sedang dikerjakan.

“Tetapi intinya recovery untuk fisik sudah dilakukan tapi juga sejalan dengan itu ada recovery mental, psikologis dan itu yang sedang kita kerjakan,” kata Wiranto.

Wiranto mengatakan untuk bangunan bangun yang besar, yang juga rusak dalam kerusuhan tersebut juga nantinya pemerintah pusat tentunya akan ikut membantu pemerintah daerah untuk bersama sama membangun.

“Kalau bangun yang besar kalau APBDnya tidak kuat tentu nanti akan meminta bantuan di pusat dan itu nanti di pikirkan di pusat,” kata Wiranto.

Wiranto mengatakan bahwa secara keseluruhan situasi di daerah yang sempat terjadi kerusuhan seperti Jayapura, Wamena dan Ilaga secara keseluruhan semuanya sudah aman dan kondusif.

“Jaminan keamanan itu akan diberikan oleh panglima TNI dan Kapolri yang jaga akan menambahkan pasukan disitu sehingga akan menimbulkan rasa percaya bahwa daerah itu betul betul sudah aman,” kata Wiranto.

Dijelaskan bahwa dari pertemuan dengan para pengungsi baik dari Wamena maupun Ilaga, para pengungsi menyatakan bahwa ingin kembali ke Wamena maupun Ilaga dan pemerintah tentunya akan mefasiltasi para pengungsi untuk kembali ke Wamena maupun Ilaga menggunakan pesawat milik Hercules milik TNI.

“Rata-rata mereka mau pulang bukan ke kampung asal tetapi ke Wamena dan ke Ilaga. Pemerintah akan mefasilitasi pengungsi kembali ke Ilaga dan Wamena menggunakan pesawat Hercules,” kata Wiranto.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw mengatakan, ratusan warga pengungsi telah kembali setelah situasi di Wamena sudah mulai kondusif. Ia mengakui masih ada pengungsi yang masih memilih tinggal di pengungsian seperti Polres, Kodim, dan tempat-tempat ibadah dan mengungsi ke Jayapura dan Timika, karena tempat tinggal mereka sudah terbakar.

Pemerintah Provinsi dan pemda setempat akan membantu merecovery bangunan-bangunan yang rusak dan terbakar dengan cara membangun bangunan yang terbuat dari papan secara temporeri agar warga bisa kembali. (Sel/Rik)

share on:

Leave a Response