Pemkab Mimika Akan Bangun Tempat Khusus Jualan Noken

share on:
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes Foto : Istimewa

Timika,HP

Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Kabupaten Mimika akan membangun tempat khusus untuk berjualan pengrajin noken yang kini berada di sekitar Lapangan Timika Indah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bernadinus Songbes  kepada wartawan disela sela penertiban lapak lapak liar di pasar Sentral, Jumat (12/7) kemarin. Ia mengakui pihaknya akan membangun tempat khusus bagi mama mama pengrajin noken tepatnya di depan pasar ikan pada anggaran perubahan APBD Mimika tahun 2019.

“Kami juga berencana membangun satu bangunan untuk menampung semua pengrajin,” kata Bernadinus Songbes ketika ditemui di pasar Sentral, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan selama ini mama mama pengrajin noken hanya bisa menjual hasil buah tangannya di pinggir jalan yang mana kondisi tersebut sangat tidak layak,  karena terkena hujan dan panas. Kata dia lokasi tersebut khusus bagi Mama mama pengrajin noken  dan itu sudah setujui dan akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Noken sehingga noken oke itu akan tertampung semua di situ,” jelasnya.

Ia menambahkan permintaan pembangunan tempat bagi mama mama pengrajin noken tepatnya di depan pasar ikan bertujuan menarik minat beli para pengunjung.

“Yang akan kita bangun itu sesuai usulan dari mama-mama ia meminta supaya bangunan untuk noken noken itu tidak boleh jauh dari pasar ikan,” tambahnya.

Sementara itu di singgung terkait besaran anggaran, Songbes menjelaskan bahwa  anggaran yang diusulkan sebesar Rp 2 miliar namun apakah angka itu bisa disetujui atau tidak masih menunggu hasil pembahasan anggaran. (*opa)

share on:

Leave a Response