Pemkab Mimika Akan Kembangkan Pantai Ipaya

share on:
Pantai Ipaya Distrik Amar Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Mimika kedepannya dalam mengelola tempat wisata adalah mengembangkan Pantai Ipaya yang berada di Distrik Amar.

Wakil Bupati Mimika terpilih, Johannes Rettob saat ditemui Harian Papua di Hotel Grand Tembaga, Senin (8/7) mengatakan, pengembangan Pantai Ipaya sudah ada dalam perencanannya bersama dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat resmi dilantik pada 6 September mendatang.

“Ini sudah menjadi program kami, karena saya dengan Pak Bupati sudah dua kali berkunjung ke Ipaya untuk meninjau langsung lokasi pantai yang ada,” tuturnya.

Rettob menjelaskan, untuk mempermudah akses transportasi ke Pantai Ipaya, Dinas Pekerjaan Umum sedang dalam proses pengerjaan pembangunan jalan darat yang nantinya akan menuju ke Kokonao, Distrik Mimika Barat.

“Sementara untuk jalur transportasi air, akan dilanjutkan dari Kokonao ke Ipaya. Kita nanti akan memperluas akses kali yang selama ini digunakan. Intinya, kita mau agar Pantai Ipaya bisa dieksplore oleh wisatawan lokal maupun dari luar Timika,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, bahwa pihaknya akan menata Pantai Ipaya tersebut menjadi “Bali” kedua, sehingga bisa menjadi ikon Kabupaten Mimika kedepannya.

“Kamu sudah lakukan survey ke sana, dan memang tempatnya indah dan sangat luas. Pantainya pun tidak ada karang, sehingga sangat bagus untuk dijadikan tempat berenang serta surving. Kepala Dinas PU, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan sudah ikut langsung kesana untuk juga melihat apa-apa saja yang mereka bisa kerjakan untuk mensukseskan program ini,” imbuhnya. (zhu)

share on:

Leave a Response