Pemkab Mimika Dapat Bantuan 145 Bus Operasional PON 2020

share on:
Yan S Purba Foto : Ryeno Guritno/ HP

Timika, HP

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika Yan Selamat Purba menyebut Pemkab Mimika mendapatkan bantuan sebanyak 145 bus dari Kementerian Perhubungan RI. Ratusan bus tersebut untuk mendukung operasional Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 di Kabupaten Mimika.

“Data yang diberikan kepada kita 145 unit bantuan dari Kementerian Perhubungan. Soal kapan dikirim ke Timika, nanti terserah pihak kementerian saja kapan mereka mau kirim ke sini,” ucap Yan saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Pemkab Mimika, Senin (2/12).

Terkait status bus tersebut nantinya dipinjamkan atau dihibahkan setelah perhelatan PON selesai, sebut Yan, Bupati Mimika Eltinus Omaleng sudah menyurat kepada pihak Kementerian Perhubungan dan meminta beberapa unit untuk keperluan transportasi masyarakat di Kabupaten Mimika. “Ada yang pinjam pakai ada juga yang direncanakan untuk dihibahkan kepada kita, tapi belum ada informasi terkait hibah tersebut, mungkin tunggu selesai PON dulu,” jelasnya.

Menurut Yan, jumlah bus tersebut dinilai sudah mencukupi untuk operasional PON 2020. Pasalnya, dari total 145 bus dari Kementerian Perhubungan sudah menyesuaikan sesuai perhitungan terkait jumlah peserta PON nanti. “Mereka sudah hitung, kita tinggal terima saja dan saya kira dari perhitungan mereka sudah cukup,” ujarnya.

Untuk operasional ratusan bus tersebut, tambah Yan, nantinya disesuaikan dengan keperluan operasional para atlet dan official dari berbagai daerah di Indonesia untuk semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Timika pada PON 2020. “Nanti kita atur sesuai keperluan. Jadi, ada yang standby, ada yang shuttle, menyesuaikan saja,” kata Yan. (reg)

share on:

Leave a Response