Pengobatan Gratis di Klinik Tribrata Lampaui Target

share on:
GRATIS - Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Klinik Tribrata Polres Mimika, Senin (20/5). Foto: bur/HP

Timika, HP

Layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Klinik Tribrata Polres Mimika yang dibuka selama dua hari, sejak Minggu (19/5) hingga Senin (20/5), benar-benar dimanfaatkan warga Kota Timika dan sekitarnya.

Pihak penyelenggara sebetulnya hanya menargetkan melayani 200 orang, namun hingga ditutupnya pelayanan pada hari kedua, jumlah warga yang berkunjung mencapai 459 orang. “Pengobatan umum sebanyak 362 pasien ditambah 97 pasien operasi minor,” sebut Kasat Polairud Polres Mimika, Iptu J Limbong kepada wartawan, Senin (20/5).

Bakti sosial kesehatan tersebut merupakan kerja sama banyak instansi, antara lain Yayasan doctorSHARE, Direktorat Polairud  Polda Papua, Satuan Polariud Polres Mimika, RSUD Mimika, Dinas Kesehatan, PMI Mimika, dan  TNI AU Yohanis Kapiyau Timika.

Tenaga kesehatan yang terlibat pun cukup banyak, karena setiap instansi yang terlibat mengirim tenaga kesehatannya. Dari Yayasan doctorSHARE saja melibatkan 21 relawan.

Pelayanan  memang terbatas hanya pada layanan kesehatan umum dan operasi minor, karena keterbatasan fasilitas operasi. Lain cerita jika pelayanan mengikutsertakan RS Apung dr Lie Dharmawan. Kapal tersebut telah dilengkapi fasilitas mumpuni untuk melakukan operasi besar.

“Dari sekian banyak pasien yang daftar untuk operasi minor, ada sebagian yang belum memenuhi syarat operasi. Kemarin 20 pasien, hari ini 26 yang operasi minor,” kata Wakil Koordiantor Tim doctorSHARE, dr Marselina Mieke kepada wartawan, Senin (20/5).

Yayasan doctorSHARE berdiri 2009 silam. Dalam perkembangannya, kini yayasan yang mengusung misi pemberdayaan melalui sektor kesehatan itu telah memiliki 400-an relawan di seluruh Indonesia.

Usai melayani warga Timika, Tim doctorSHARE akan bertolak ke Kabupaten Asmat pada Selasa (21/5) ini. Selama di Asmat mereka akan melayani warga sampai pada layanan operasi besar karena mengikutsertakan RS Apung dr Lie Dharmawan.  “Di Asmat, kami sampai tanggal 25. Setelah itu menuju Pulau Kei,” ujar Marselina Mieke. (bur)

share on:

Leave a Response