Penjabat Sekda : ASN Malas Kantor Harus Diganti

share on:
Marthen Paiding Foto: Evan Soenarie/HP

 

“Ada banyak orang berbondong-bondong ingin jadi PNS,

tapi kita yang sudah menjabat ini malah acuh tak acuh. Bagi yang sudah diberikan

kepercayaan tapi tidak mau melaksanakan tugasnya, lebih baik mundur dan

berikan jabatan itu kepada yang lain yang memang mau bekerja”

 

Timika, HP

Penjabat Sekda Kabupaten Mimika Marthen Paiding mengaku geram saat mengetahui banyak aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Distrik Mimika Timur Tengah tidak berada di tempat tugas melayani masyarakat. Sebagai ASN seharusnya mengabdikan diri melayani masyarakat dimana pun mereka ditugaskan.

Saat menghadiri peresmian Kantor Distrik Mimika Timur Tengah di Kampung Atuka, Kamis (11/7) lalu, Marthen mendapat informasi bahwa banyak pegawai distrik yang sehari-hari memilih tinggal di Kota Timika, ketimbang di tempat tugas. “Kalau sudah lama tidak tugas di sini, lebih baik kita ganti saja dengan yang lain. Buat apa pertahankan mereka yang sudah jelas tidak mau bekerja,” tegas mantan Inspektur Kabupaten Mimika ini.

Hal yang membuat Penjabat Sekda Mimika itu kesal, karena berdasarkan keluhan langsung dari Kepala Distrik Mimika Timur Tengah Moses Yarangga, bahwa terdapat ASN yang jabatannya sebagai kepala seksi justru tidak pernah turun ke distrik semenjak dilantik tahun lalu. “Kepala seksinya kemana? Ini justru banyak tenaga honor yang hadir. Kalau tidak mau kerja, mending diganti saja. ASN ada 26, tapi kenapa cuma segini yang hadir?” tanya Marthen.

Hal senada juga disampaikan kepada seluruh ASN di lingkup Pemkab Mimika yang berjumlah 4000 orang untuk bisa menaati aturan yang ada, dan harus selalu siap untuk ditempatkan dimana saja. “Ada banyak orang yang berbondong-bondong ingin jadi PNS, tapi kita yang sudah menjabat ini malah acuh tak acuh. Bagi yang sudah diberikan kepercayaan tapi tidak mau melaksanakan tugasnya, lebih baik mundur dan berikan jabatan itu kepada yang lain yang memang mau bekerja,” tegas Marthen.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Timur Tengah, Moses Yarangga mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melaporkan kondisi tersebut namun belum direspon. Moses berharap ASN yang malas berkantor dikenai sanksi tegas. (zhu)

share on:

Leave a Response