Penyaluran Dana Kelurahan Tunggu Juknis Kemendagri

share on:
Slamet Sutejo/ Foto : Marsel Balawanga/HP

Timika, HP

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Mimika Slamet Sutejo mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) pengalokasian dan penyaluran dana kelurahan.

“Berkaitan dengan dana kelurahan kami masih menunggu juknis dari Kementerian Dalam Negeri  untuk bagaimana pengalokasian dan teknis penyalurannya. Tapi pada prinsipnya  ini adalah  jawaban pemerintah pusat khususnya  atas masukan dari pemerintah daerah supaya tidak ada ketimpangan antara desa dan  kelurahan,” kata Slamet saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Slamet mengatakan jika juknis terkait dana kelurahan tersebut sudah diterima, pihaknya segera melakukan sosialisasi kepada seluruh aparatur kelurahan  khususnya  yang akan menerima dana tersebut.

Dana kelurahan  diharapkan  dapat dimaksimalkan dan meningkatkan kinerja aparatur tingkat kelurahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat ditingkat kelurahan. Pihaknya juga sudah menyiapkan materi terkait agenda sosialisasi tersebut.

“Soal teknis  penyaluran lewat mana, tentunya lewat BPKAD. Mekanismenya Bagian Pemerintahan yang membantu teman-teman di kelurahan untuk melakukan pendampingan  guna  pelaksanaan dana kelurahan ini bisa berjalan dengan baik.  Dana itu tidak masuk di Bagian Pemerintahan, dan itu dari APBN masuk ke Kasda melalui BPKAD yang nantinya akan disalurkan ke rekining kelurahan,” jelasnya.

Slamet mengatakan, kesiapan sumber daya aparatur  tentunya  tetap butuh pendampingan  dan  pembinaan dari jajaran atas untuk bisa melakukan pendampingan seluruh pejabat ditingkat kelurahan mengani pengelolaan dana kelurahan.

“Pendampingan itu kita harapkan  hasilnya bisa maksimal,  dan kelurahan juga bisa tersalur dengan baik dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Besarnya dana untuk tiap kelurahan berapa, saya belum bisa sampaikan karena belum bisa mendapatkan alokasi dari keuangan. Kalau nanti sudah ada, tentunya kita akan sampaikan di kelurahan dan juga kepada publik agar diketahui bersama,” kata mantan Kadistrik Kwamki Narama dan Tembagapura itu. (sel)

share on:

Leave a Response