Perkuat Program Smart City : Dishubkominfo Timika Bentuk Tim Relawan TIK

share on:

Timika, HP

Guna memperkuat program Smart City di Kabupaten Mimika, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), kabupaten Mimiia,Papua, akan membentuk tim relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembentukan tim relawan TIK ini dilakukan guna membantu pemerintah secara sukarela agar masyarakat tidak gagap teknologi (gaptek).

“Kami akan membentuk tim relawan TIK, agar bagaimana orang-orang dalam satu grup, satu tim ini yang mau bergabung disitu, anak-anak muda, orangtua sebagai masyarakat telekomunikasi. Mereka menjalankan tugasnya secara sukarela ajar-ajar orang bagaimana caranya menggunakan smartphone,” ujar Kadishubkominfo Mimika John Rettob SSos MM, di Hotel Horison Timika,Papua Sabtu (23/7).

Selain penggunaan smartphone, tim relawan juga akan mengajarkan masyarakat lain menggunakan wifi. Hal ini dilakukan agar jika program Timika Smart City dilangsungkan tahun 2018, semua masyarakat sudah mengerti dan tidak gaptek lagi.

“Saya mau bentuk ini dalam waktu dekat. Kita bikin satu organisasi, mereka kumpul dalam satu wadah, nanti kita bikin lomba-lombanya. Kami sedang susun AD-ART, ini dalam rangka menyukseskan smart city, memanusiakan manusia, mencerdaskan manusia melalui tim relawan TIK,” paparnya.

Lebih jauh John mengungkapkan, sejak penandatangan MoU dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo),  Bupati  Mimika Eltinus Omaleng sudah menyatakan dukungan penuh untuk program smart city di Timika. “Yang jelas Pak Bupati sangat mendukung program smart city. Kalau tidak dukung, maka tidak  mungkin Pak Bupati melakukan penandatanganan MoU, sehingga ketika selesai melakukan penadatangan program ini, langsung kita jalankan,” ujarnya.

Selain  kepala daerah, sebut John, dukungan masyarakat  sejauh ini sangat baik. Masyarakat menilai program smart city bukanlah program baru. Setelah adanya sosialisasi smart city selama tiga hari, baru masyarakat  menyadari bahwa program ini sudah lama dijalankan oleh masyarakat, namun belum terintegrasi secara baik.

Selama kegiatan sosialisasi, John mengaku, banyak masukan yang diusulkan oleh peserta terkait program smart city. Peserta sangat berharap agar adanya komitmen  dalam menjalankan program ini. “Kalau sudah ada dewan smart city maka  sangat diharapkan komitmen dan konsistensi dalam menjalankan program smart city,” kata John. (ina/sel)

share on:

Leave a Response