Perpustakaan Akan Gelar Pelatihan Pengelolaan Arsip Tingkat Distrik

share on:
Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, Benny Renyaan / Foto: Evan Soenarie/HP

Timika,HP

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Mimika berencana menggelar pelatihan pengelolaan arsip di beberapa distrik di wilayah pesisir kabupaten Mimika.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika, Benny Renyaan saat dikonfirmasi Harian Papua via ponsel, Minggu (12/5) membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini sebagai bagian dari upaya untuk menjalankan program sesuai dengan kebutuhan yang ada dilapangan khususnya yang ada di pesisir.

“Mengenai pelatihan ini, sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Hanya saja kita lakukan secara bergantian untuk tiap distrik, karena kembali lagi kita melihat anggaran yang disediakan untuk pelatihan ditiap distrik,” tuturnya.

Menurut laporan dari pegawainya, kata Benny  untuk pelatihan dibeberapa distrik ditahun-tahun sebelumnya, para pegawai distrik sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena merasa mendapat pencerahan dalam mengelola arsip serta dokumen kantor.

“Inilah yang menjadi soal kita, dimana ketika kita menjalankan program kegiatan, kemudian sasaran kegiatan kita merespon dengan baik, berarti program kita berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga dalam waktu dekat ini akan menggelar lomba bercerita rakyat yang akan diikuti oleh kalangan pelajar SD sederajat.

Dalama lomba ini  menurut dia, bertujuan untuk menumbuhkan semangat serta cinta terhadap budaya nasional, secara khusus kepada budaya lokal Papua.

“Kita berada di Timika, berarti nanti cerita-cerita yang akan diperlombakan sebisa mungkin cerita Papua atau tidak cerita khas Timika,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response