Pertemuan Menkopolhukam dan Pengungsi Akan Dilaporkan ke Presiden

share on:
Suasana Pertemuan Menko Polhukam, Panglima TNI dan Kapolri bersama warga pengungsi Foto: Ricky Lodar/Hp

Timika, HP

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian melakukan pertemuan bersama warga pengungsi dari Wamena Kabupaten Jayawijaya dan Ilaga Kabupaten Puncak untuk mengetahui kondisi dan langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah.

Menkopolhukam Wiranto, mengatakan, beberapa daerah yang terjadi kekacauan seperti di Jayapura, Ilaga Kabupaten Puncak, Wamena Kabupaten Jayawijaya kini situasinya sudah membaik dan aman, yang mana aktifitas perekonomian, perkantoran dan persekolahan sudah mulai aktif.

“Jadi intinya, situasi didaerah-daerah yang terjadi kekacauan sudah aman semua, di Wamena juga sudah aman, di Ilaga juga kami dapat laporan sudah aman,” kata Wiranto saat ditemui di Rimba Papua Hotel, Rabu (9/10).

Wiranto menjelaskan, saat ini tugas Pemerintah, TNI dan Polri harus memberikan keyakinan kepada warga yang mengungsi akibat kekacauan yang terjadi pada akhir September lalu agar bisa kembali ke Wamena dan Ilaga untuk tetap melaksanakan aktifitas seperti biasa.

“Jadi tugas kita sekarang meyakinkan kepada masyarakat pengungsi bahwa situasi sudah aman, kalau sudah aman mereka ingin kembali ke pekerjaan semula,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, keyakinan yang diberikan kepada masyarakat berupa jaminan keamanan oleh pihak TNI Polri, sehingga warga bisa kembali sambil pemerintah melalui kementrian terkait akan melakukan recovery atau pemulihan baik pembangunan rumah warga maupun pemulihan trauma yang dialami oleh warga.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat mendampngi Menkopolhukam mengatakan, tugas pemerintah meyakinkan kepulangan warga pendatang untuk kembali ke Wamena, yang mana hari ini sebanyak 102 warga memutuskan untuk kembali ke Wamena.

“Ada 102 orang yang sudah diberangkatkan kembali ke Wamena,” kata Panglima. (Rik)

share on:

Leave a Response