Pimpinan DPRD Apresiasi Menkopolhukam Kunjungi Pengungsi di Timika

share on:
Tampak Ketua DPRD Mimika Elminus Mom mendampingi Menkopolhukan beserta rombongan saat melakukan tatap muka dengan para pengungsi Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Menteri Koordinator Politik Hukum dan keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, bersama Panglima TNI Jendral Hadi Cahyanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian yang mengunjungi pengusi dari Wamena di Timika.

“Ini sangat luar biasa kami sangat apresiasi sekali atas kunjungan Menkpolhukam Wiranto bersama rombongan untuk bertatap muka serta  berdialog secara langsung dengan para pengungsi dari Wamena dan Ilaga yang ada di Kabupaten Mimika,” kata ketua DPRD Mimika Elminus Mom saat menyambut kedatangan Menkopolhukam di hotel Rimba Papua, Rabu (9/10).

Elminus mengakui kalau kunjungan Menkopolhukan tersebut merupakan bentuk kepedulian yang dilakukan oleh pemerintah pusat kepada para korban kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat di Papua salah satunya di Kabupaten Mimika.

“Memang harus begitu masyarakat harus di berikan perhatian seperti masyarakat Papua ini harus di lakukan pendekatan dari hati kehati ,” aku Elminus.

Dijelaskan bahwa, kunjungan Menkopolhukam tersebut atas perintah bapak Presiden Joko Widodo untuk memastikan kondisi keamanan di Papua terutama di daearah-daerah yang terjadi kerusuhan beberapa waktu lalu. Selain memastikan kondisi keamanan, kata Elminus  Menkopolhukam juga diperintahkan untuk melihat kondisi pengungsi korban kerusuhan dibeberapa daerah salah satunya di Timika.

“Menteri ini melakukan kunjungan untuk memastikan situasi keaman dan yang utama untuk melihat secara langsung kondisi para pengungsi dibeberapa temnpat salah satunya di Mimika ini. Guna memberikan dukungan dan semangat agar mereka tidak trauma,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk para pengungsi ini sudah dipersiapkan pesawat Hercules oleh Panglima TNI untuk dipulangkan di kampung halamannya. Pasalnya mereka para pengungsi tersebut meminta kepada Menkopolhukam agar di fasilitasi pulang ke kampung halamannya.

“Sebenarnya mereka ini mau kembali ke Wamena maupun Ilaga tetapi mereka minta pulang kampung dulu, dan sudah di jawab oleh pak menteri bahwa Panglima TNI sudah menyiapkan angkutan pesawat hercules untuk pengungsi tersebut,”ujarnya.(reg)

share on:

Leave a Response