Polsek Miru Tangkap DPO Dari Manado

share on:
Pelaku saat didampingi dua anggota Reskrim Polsek Miru untuk dibawa ke Manado Foto : Istimewa

Timika, HP

Kepolisian Sektor (Polsek) Mimika Baru (Miru) berhasil menangkap, seorang berinisial HLYT alias O di Jalan Pendidikan jalur 3, Selasa (10/9). HLYT masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pencurian dan penggelapan barang milik perusahaannya di Manado. Dimana setelah melakukan tindak pidana, HLYT melarikan diri ke Mimika.

Polisi berhasil menangkap HLYT setelah ada koordinasi antara Polsek Matuari, Polda Sulut dan Polsek Miru.

Kanit Reskrim Polsek Miru Ipda Andi Suhidin, SH mengatakan, proses penangkapan terhadap pelaku pencurian berdasarkan adanya laporan Polisi dari Polsek Matuari dengan nomor Laporan Polisi LP/115/VII/2019/Resor Bitung/Sektor Matuari, tanggal 17 juli 2019, dan penerbitan surat DPO nomor 01/VIII/2019/Sektor Matuari, tanggal 07 Agustus 2019, dan surat perintah penangkapan nomor Sp. Kap/87/IX/2019/Sek Miru, tgl 11 september 2019.

Lanjutnya, setelah adanya koordinasi dari Polsek Matuari dengan Polsek Miru untuk melakukan pencarian dan penangkapan terhadap pelaku yang mana pelaku telah buron selama kurang lebih 2 bulan setelah kasusnya terbongkar dan melarikan diri ke Timika diaman orangtuanya tinggal.

“Dasar penangkapan ada LP, dan DPO serta Surat perintah penangkapan, jadi kami melakukan pencarian dan penangkapan, anggota mendapat informasi tentang keberadaan DPO sedang berada di kompleks jalur 3 jalan pendidikan Timika,” kata Andi ketika ditemui di ruang kerjanya di Mapolsek Miru, Kamis (12/9).

setelah diamankan dari keterangan pelaku saat diperiksa pelaku mengakui perbuatannya yang mana yang bersangkutan sudah lama pelaku melakukan penyedotan solar milik perusahaan dari tangki eksavator untuk dijual, yang diperkirakan sudah mencapai ton-ton, namun kasusnya terbongkar setelah pelaku menyedot solar dari tangki sebanyak 6 galon berukuran 30 liter.

Setelah berkoordinasi lagi dengan Polsek Matuari, selanjutnya pelaku, Kamis (12/9) diberangkatkan menggunakan pesawat udara tujuan Manado Sulawesi Utara dengan dikawal 2 anggota Reskrim Polsek Miru.

“Yang bersangkutan mengakui terkait kasus yang dipersangkakan kepadanya, rencana pagi ini jam 10.50 Wit, Tersangka akan dibawa dengan pengawalan dua personil Polsek Miru ke Polsek Maturai,” jelasnya. (cr13)

share on:

Leave a Response