Program Belum Berjalan, APBD 2019 Dinilai Gagal

share on:
Karel Gwijangge Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Anggota DPRD Mimika Karel Gwijangge menilai bahwa APBD 2019 gagal, pasalnya hingga saat ini Pemkab Mimika belum sama sekali melakukan pekerjaan baik fisik maupun nonfisik yang sudah dianggarkan dalan APBD 2019.

Menurutnya,  jika pekerjaan dikerjakan selain kualitas pekerjaan kurang bagus juga banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu dan inilah indikatornya.

“Jika dimulai bulan Mei sampai Agustus pasti dijalankan, mungkin pekerjaan-pekerjaan kecil saja yang jalan. Sedangkan pekerjaan besar bagaimana. Gagal sudah APBD 2019 sama seperti tahun lalu,” kata Karel di kantor DPRD Mimika, Kamis (16/5).

Karel mengatakan bahwa Pemkab Mimika sengaja mengulur-ulur waktu dalam menjalankan pembangunan APBD tahun 2019. Hal tersebut sama seperti yang dilakukan pada APBD 2018 lalu dimana pekerjaan berjalan pada pertengahan tahun bahkan mendekati akhir tahun.

“Ini antara mengulur-ulur waktu dengan ragu-ragu, kami bingung rencana apa yang akan dilakukan kenyataannya hingga saat ini belum dilakukan. OPD-OPD juga diam-diam saja tidak ada yang menjalankan pekerjaan,” ungkapnya.

Karena itu, ia mempertanyakan apa yang membuat para OPD-OPD belum melakukan pekerjaan. Padahal Bupati Mimika sudah menyampaikan bahwa setelah Dokumen Pembangunan Anggaran (DPA) dibagi maka OPD sudah harus menjalankan programnya. Sedangkan pembahasan APBD pihak eksekutif mendorong Legislatif untuk dilaksanakan bulan Desember.

“Ini tanda tanya besar. Ini ada apa, karena pembahasan kami didesak harus dilakukan Desember setelah dibahas dan ditetapkan kok belum dijalankan program-programnya sampai sekarang,” tuturnya.

Ia mangakui banyak pekerjaan APBD tahun 2018 yang terbengkalai dan harus dilanjutkan tahun 2019. Sementara program-program lanjutan tersebut juga dianggarkan pada APBD 2019. Dengan demikian dilihat Pemkab Mimika tidak serius untuk melakukan pembangunan di Kabupaten Mimika.

“Macam main-main kah, ini anggaran besar lho. Perhelatan PON saja yang sudah didepan mata,  tapi macam tidak ada persiapan sama sekali. Sedangkan pekerjaan jalan cendrawasih ini juga kapan akan dilanjutkan,” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response