Proyek Fisik DD Kampung Bhintuka Dikelola Warga Setempat

share on:

Timika,HP

Pekerjaan proyek fisik Dana Desa tahap kedua Kampung Bhintuka, Distrik Kuala Kencana, dipercayakan kepada warga setempat. Hal ini dilakukan, karena warga Kampung Bhintuka terdiri dari berbagai suku di Indonesia.

Plt. Kepala Kampung Bhintuka, Marselinus Baru saat ditemui Harian Papua disela-sela pengerjaan proyek fisik Dana Desa tahap kedua tersebut, Jumat (17/1) mengatakan, bahwa untuk pekerjaan proyek fisik berupa pembangunan talud, drainase dan penimbunan jalanan ke kuburan, diberikan kepada masing-masing warga berdasarkan suku mereka.

“Kami warga Kampung Bhintuka terdiri dari berbagai suku di Indonesia. Itulah mengapa kampung ini dinamai Bhintuka, karena Bhineka Tunggal Ika yang terdiri dari berbagai jenis suku, adat, budaya dan agama,” tuturnya.

Untuk pekerjaan fisik pembangunan talud dipercayakan kepada warga Jawa berdasarkan asal kabupaten, Lombok, dan warga NTT. Sementara untuk penimbunan jalan menuju ke kuburan, pihaknya menyerahkan pekerjaan tersebut kepada warga putra daerah.

“Biar adil, kami percayakan kepada semua warga disini. Karena pada dasarnya Dana Desa ini untuk kepentingan pembangunan kampung dan desa. Jadi mereka sebagai subjek sekaligus jadi objek. Jadi mereka akan berpikir bagaimana proyek ini bisa benar-benar berkualitas, karena manfaatnya untuk mereka sendiri,” ujarnya,

Seperti diberitakan sebelumnya, Dana Desa tahap II Kampung Bintuka Distrik Kuala Kencana sebesar Rp. 598 juta. Dana tersebut diserahkan oleh Plt. Kepala Kampung Bintuka Marselinus Baru kepada bendahara dan disaksikan oleh Kepala Distrik Kuala Kencana, Evert Hindom di Balai Kampung Bintuka, Rabu (7/1).

Dijelaskan, bahwa dari total Dana Desa tahun 2019 yang dikelola oleh Kampung Bintuka sebesar Rp. 1.500.478.000, yang dibagi dalam tiga tahap pencairan.

“Untuk pencairan tahap kedua ini sebesar Rp.598 juta dan akan digunakan untuk empat kegiatan fisik yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response