Ratusan Kendaraan Roda Dua Terjaring Razia

share on:

Timika. HP

Ratusan kendaran roda dua yang tidak memilik kelengkapan administrasi kendaraan, terjaring dalam razia yang dilakukan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mimika pada Sabtu (18/1) malam. Razia tersebut dilakukan di  Jalan Cenderawasih, tepatnya depan Pusat Pelayanan Polres Mimika.

Adapun beberapa pelanggaran yang ditemukan dalam razia tersebut yakni tidak menggunakan helm, tidak adanya surat-surat kendaraan dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Pada razia itu juga ditemukan satu buah senjata tajam (sajam) jenis pisau dan empat botol minuman keras (miras).

Selain itu, polisi juga menemukan banyak pengendara berusia sekolah yang dengan bebasnya mengendarai kendaraan roda dua. “Malam ini kita melakukan razia dalam rangka cipta kondisi, khususnya menjelang pelaksanaan PON XX di Papua, dan salah satu tempatnya adalah Mimika,” ucap Kasatlantas Polres Mimika AKP Viky Pandu Widhapermana disela-sela kegiatan.

Viky mengatakan, razia kendaraan itu juga untuk lebih menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. “Razia ini merupakan kegiatan rutin yang terus ditingkatkan, tapi kali ini kami lakukan pada malam hari. Dan sengaja kami acak waktunya agar bisa lebih menertibkan masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan razia yang dilakukan kurang lebih satu jam itu dimulai pukul 21.30 hingga 22.30 WIT, berhasil menjaring ratusan kendaraan roda dua. Untuk pelanggarannya masih sekitar yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, kelengkapan surat kendaraan yang tidak ada dan TNKB. “Dari beberapa pelanggaran, yang dominan adalah tidak menggunakan helm,” ujarnya.

Sementara terkait dengan ditemukannya empat botol minuman keras (miras) dan satu buah senjata tajam (sajam) jenis pisau, akan diserahkan ke satuan lainnya.  “Dalam razia ini kami melibatkan beberapa satuan, baik Satreskrim, Satnarkoba, Sabhara, dan didukung oleh Brimob serta Satuan Intelkam,” tutur Viky. (sel)

share on:

Leave a Response