Salam Khas Amor Harus Diucapkan pada Setiap Acara di Mimika

share on:

 

 

Timika, HP

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob kembali mengimbau semua pihak di Kabupaten Mimika agar mengucapkan salam khas suku Amungme dan Kamoro (Amor) “Amolongo Nimao Witimi” pada setiap acara yang digelar. Ungkapan salam khas Amor ini sebagai salah satu wujud menghargai masyarakat dan leluhur yang memilki tanah Mimika tercinta ini.

Imbauan tersebut harus diindahkan, karena selama ini pengucapan salam khas Amor ini hanya pada kegiatan-kegiatan pemerintahan. Sedangkan dalam kegiatan-kegiatan organisasi non pemerintah, paguyuban-paguyuban maupun organisiasi kemasyarakatan jarang mengucapkan salam khas Amor.

“Mulai sekarang semua kegiatan apapun, baik kegiatan keagamaan, organisasi masyarakat maupun suku manapun yang ada di sini harus dimulai dengan salam orang Amungme dan Kamoro,” tegas Wabup Rettob saat menghadiri pelantikan pengurus Ormas FKMN di Kiloemter 8, Sabtu (18/1).

Menurut Wabup, masyarakat Mimika yang hidup dengan keberagaman yang ada hendaknya harus menghargai masyarakat dan leluhur yang memilki tanah Mimika ini. Untuk itu hendaknya seluruh masyarakat untuk saling mencintai, terutama kepada masyarakat selaku pemilik tanah Kabupaten Mimika yaitu Amungme dan Kamoro.

“Kita datang dan kita harus menghargai masyarakat yang punya tanah ini. Untuk itu saya selalu menyampaikan bahwa bagaimana kita bekerja untuk daerah ini kalau kita tidak mencintai masyarakat daerah ini, paling tidak kita tahu bahasa daerah mereka sedikit saja,” pesannya.

Dengan keanekaragaman di Kabupaten Mimika, Wabup Rettob berharap semua pihak untuk tetap mempertahankan toleransi yang sudah terjalin baik sampai saat ini. Dengan menghargai antara satu dengan yang lain diyakini bisa menghindarkan perpecahan yang dikarenakan oleh perbedaan dan keaneka ragaman.

“Kita harus hidup bersama di dalam keberagaman yang ada di Kabupaten Mimika. Kita harus bersatu dan tunjukkan bahwa toleransi yang ada di Kabupaten Mimika sangat tinggi,” pesan Wabup Rettob. (reg)

share on:

Leave a Response