Satpol-PP Robohkan Bangunan di Pinggir Jalan SP2

share on:

 

Timika, HP

Dalam rangka menata wajah Kota Timika agar terlihat rapi dan tertata dengan baik Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol- PP) Kabupaten Mimika merobohkan bangunan bangunan di samping kiri kanan jalan SP 2 yang  tidak memiliki kelengkapan administrasi seperti surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Dinas Satpol-PP Mimika Willem Naa membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya pembongkaran  bangun di lokasi  tersebut sudah sesuai prosedur yang berlaku.

“Betul kita sedang melakukan pembongkaran. Sebelum melakukan pembongkaran kita sudah melakukan sosialisasi, semua tahapan sudah kita lakukan. Kita juga sudah kasih waktu tapi mereka sendiri tidak bongkar, jadi kita langsung bongkar,” kata Willem, saat dihubungi via telepon, Rabu (22/1).

Willem menyebut di area bundaran SP2 tersebut hanya ada enam bangunan yang memiliki administrasi  lengkap, sedangkan yang lainnya tidak mengantongi administrasi yang lengkap sehingga harus ditertibkan. “Jadi kalau punya IMB dan surat-surat lengkap pasti pemerintah sudah mengambil langkah, tapi kalau tidak punya IMB pasti kita bongkar semua,” tegasnya.

Willem menjelaskan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) jarak bangunan dengan jalan raya harus 20 meter, namun pihaknya menolelir hal tersebut dengan memberikan sedikit keringanan yakni hanya 4 meter jarak bangun dengan jalan.

“Jadi ketentuan dalam Perda itu jarak bangunan toko dari tepi jalan itu 20 meter, tapi kita toleransi kasih 4 meter saja undur ke belakang. Sehingga mobil-mobil itu tidak parkir di pinggir jalan ataupun di atas trotoar tetapi  harus parkir di depan took, karena trotoar dan jalan itu fasilitas yang disiapkan untuk pengguna jalan,” jelasnya. Oleh karena itu, Willem mengimbau para pemilik kios maupun toko yang ada di pinggir jalan untuk segera menertibkannya. (sel)

share on:

Leave a Response