Sekda Mimika Pertanyakan Kinerja Tim Saber Pungli

share on:

“Saya belum terima laporan terjadinya Pungli (Pasar Sentral) itu dalam bentuk apa? Soalnya  Tim Saber Pungli itu juga tidak pernah ada koordinasi dengan saya. Apa lagi kepada Bupati (Eltinus Omaleng) dan Wabup (Yohanis Bassang)”

Timika, HP

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mempertanyakan sejauh mana  kinerja Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) karena sampai saat ini belum menerima laporan resmi dari Tim Saber Pungli maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tentang dugaan Pungli yang terjadi di Pasar Sentral belum lama ini.

“Saya belum terima laporan terjadinya Pungli (Pasar Sentral) itu dalam bentuk apa? Soalnya  Tim Saber Pungli itu juga tidak pernah ada koordinasi dengan saya. Apa lagi kepada Bupati (Eltinus Omaleng) dan Wabup (Yohanis Bassang),” kata You saat ditemui usai memimpin apel pagi bersama di depan Kantor Pusat Pemerintahan, Kelurahan Karang Senang, SP,  Senin (25/9).

Sementara itu, Kadisperindag Mimika, Bernadinus Songbes mengatakan, sejak adanya laporan dugaan Pungli tersebut, Tim Saber Pungli sudah mendatangi Kantor Disperindag dan telah disampiakan kepada pihak Legislatif.

Menurutnya, laporan dugaan Pungli ini merupakan dampak dari adanya rasa ketidakpuasan dari oknum tertentu yang ada dalam Pasar Sentral. Padahal, kata Songbes, tujuan penarikan retribusi sebetulnya bukan untuk memenuhi pundi-pundi sepihak, namun akan dikembalikan dengan cara membangun gedung dan lapak baru bagi kelangsungan aktivitas para pedagang.

“Persoalan itu sudah dilaporkan ke Polres Mimika, sudah ada pertemuan bersama Tim Saber Pungli dan juga sudah dibicarakan ditingkat Legislatif. Tapi sebenaranya pengaduan itu dikarenakan ada yang merasa tidak puas dengan oknum tertentu,” jelas Songbes saat ditemui di Kantor DPRD Mimika.

Meski demikian, Songbes menjelaskan, persoalan dugaan Pungli ini akan menjadi acuan baginya untuk melakukan evaluasi khusus dalam membenahi sistim pengawasan di lapangan.

Songbes juga menegaskan, sudah dilakukan pertemuan khusus bersama Tim Saber Pungli dan seluruh stafnya sudah dibekali  dengan sosialisasi agar meningkatkan pola kerja agar ketika melakukan suatu tindakan di lapangan harus selalu melalui koordinasi.

“Intinya semua staf saya sudah diarahkan agar selalu berkoordinasi dalam menjalankan tugas,” ujarnya. (joe)

share on:

Leave a Response