Sempat Hilang Kontak SAR Timika Temukan 18 Penumpang Longboat

share on:
Tim Sar saat mengevakuasi para korban/ Foto: Istimewa

Timika, HP

Setelah sempat dilaporkan hilang kontak pada Jumat (8/2), sebanyak 18 penumpang Longboat bermesin 40 PK yang berangkat dari Distrik Agats tujuan Distrik Fayit Kabupaten Asmat ditemukan dalam keadaan selamat.

“Info terkini, pada pukul 17.20 WIT tim SAR gabungan berhasil menemukan longboat beserta seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan langsung dievakuasi ke Distrik Fayit. Selanjutnya operasi Sar  dinyatakan ditutup,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, Monce Brury melalui Humas Kantor Sar Timika, Muhammad dalam siaran pers, Minggu (10/2).

Muhammad menjelaskan, para korban di temukan di pinggir pantai pada rute yang sering mereka lewati jika melakukan perjalanan ke Distrik Fayit.

“Menurut teman-teman yang berada di lapangan mereka mengalami kandas atau terkena rep. Jadi mereka mengambil keputusan untuk menepi ke pesisir karena takut jika dipaksaakan jalan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah ditemukan timsar gabungan mereka langsung dituntun agar tidak terkena rep dan akhirnya mereka berhasil dievakuasi ke fayit,” ujar Muhammad.

Sebelumnya diketahui, Pada minggu (10/02) sekitar Pukul 10.00 WIT, Kantor SAR Timika menerima informasi dari salah satu keluarga korban, Ambrosius Piramat bahwa 1 buah long boat bermesin 40 PK tujuan Agats – Fayit hilang kontak.

Kronologis kejadian bermula pada Jumat (08/2) sekitar 03.00 WIT 4 Long Boat berangkat dari asmat menuju Distrik Fayit dan pada hari itu juga tepatnya pukul  11.00 WIT 3 long boat sudah tiba di Distrik Fayit dan 1 buah long boat sampai sekarang belum tiba di Fayit.

Pada Minggu (10/2) sekira Pukul 11.00 WIT, Tim SAR Gabungan berangkat menuju ke Lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 400 PK Milik Pos SAR Agats dan Speed 85 PK Milik Dishub Agats untuk Melakukan Pencarian.

Adapun identitas 18 penumpang longboat yang sempat hilang kontak diantaranya, Tinus (30), Pia Pea (25), Dimas Wepopak (1 tahun), Herman (40), Lafera bore (30), Theo (30), Ematus (30), Andreas (50), Sitha (30), Lusia fanepu (24), Koleta kipin (29), Agata asetu (28), Sekonda waren (30), Rian basau (14), Natalia topan (34), Noel (20), Sinta Saki (75), dan Yustina eme (21). (joe)

 

share on:

Leave a Response