Shalat Idul Fitri Dipusatkan di Lapangan Timika Indah

share on:

Timika, HP

Tak terasa Lebaran makin dekat. Hari ini Jumat (8/6) sudah masuk hari ke-23 Ramadan. Artinya, kurang dari 10 hari umat Islam akan melaksanakan Shalat Idul Fitri.

Di Kabupaten Mimika, Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) memutuskan pelaksanaan salat Idul Fitri tahun 2018 dipusatkan di Lapangan Timika Indah. 1 Syawal 1439 Hijriyah diperkirakan jatuh pada 15 atau 16 Juni 2018.

“Kalaupun terjadi banjir atau hujan, nanti kita alihkan. Tapi tetap kita rencanakan di sana. H Akhir Iribaram SE MM akan bertindak sebagai khatib,” kata Wakil Ketua I PHBI Mimika Ustadz Umar Habib, usai rapat penentuan khatib salat Idul Fitri di Gedung Serbaguna Masjid Agung Babussalam, Kamis (7/6).

Ustadz Umar menyebutkan, titik pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini sebanyak 59, termasuk di Kokonao, Distrik Mimika Barat. Sebagian besar tempat pelaksanaan masih menggunakan imam dan khatib lokal Timika. “Ada juga yang menggunakan khatib dari luar, misalnya Al Azhar, Al Furqan. Ada lebih dari 10 yang gunakan khatib luar,” ujarnya.

Peran PHBI dalam persiapan hingga pelaksanaan, sebut Umar, hanya menjaga garis koordinasi dan ketertiban pelaksanaan salat Idul Fitri. Saat ini seluruh titik pelaksanaan telah rampung 100 persen.

Tahun lalu PHBI Mimika juga menetapkan Lapangan Timika Indah sebagai pusat pelaksaan salat Idul Fitri. Namun pada hari H, hujan deras mengguyur Kota Timika, akhirnya jemaah mencari masjid terdekat. (bur)

share on:

Leave a Response