Tanggulangi Bencana Pemkab Harus Siapkan Dana Siaga

share on:

“Dana siaga ini harus ada, dan harus mulai disiapkan, karena bencana alam itu bisa datang kapan saja”

Timika, HP
Sekda Kabupaten Mimika Ausilius You SPd MM MH mengatakan jika dalam menangani setiap musibah perlu ada dana siaga yang siap dipakai untuk pelayanan terhadap masyarakat. Tiap SKPD lingkup Pemkab Mimika harus menyediakan dana siaga tersebut dan diprogramkan dalam tahun anggaran berjalan.

“Dana siaga ini harus ada, dan harus mulai disiapkan, karena bencana alam itu bisa datang kapan saja,” kata Sekda You saat ditemui usai membuka kegiatan yang diselenggarakan leh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Hotel Serayu, Kamis (20/4).

Sekda You menjelaskan, jika dana siaga sudah ada dan dinilai kurang, maka harus segera diprogramkan dalam tahun berjalan, sehingga ketika terjadi situasi masyarakat yang membutuhkan bantuan,  Pemda bisa segera mungkin menyalurkan bantuan. “Kalau kita mengalami bencana, kita sering terkendala dana. Dan dana siaga inilah yang harus ada untuk mengantisipasi itu,” jelasnya.

Meski Timika tidak tergolong daerah yang rentan bencana alam, menurut Sekda You, kondisi alam tidak bisa ditentukan dan dipastikan secara manusiawi, sehingga yang diharapkan kesiagaan dari setiap penghuni Mimika termasuk pemerintah daerah. “Jangan bilang Mimika bukan wilayah yang rentan bencana alam. Itu banjir dan kebakaran juga bencana. Intinya kejadian seperti itu tidak terjadwal,” ungkapnya.

Terkait dana siaga yang perlu akan dianggarkan Pemkab Mimika untuk kemanusiaan itu, bisa dialokasikan dalam APBD maupun APBN. (joe)

 

share on:

Leave a Response