Tidak Terurus, Pasar SP1 Jadi Sarang Pesta Miras

share on:
Kondisi Pasar Kamoro Jaya SP 1 yang dibiarkan tak terurus, Jumat (13/9) Foto : Marsel Balawang/HP

Timika, HP

Kondisi Pasar SP1, Kamoro Jaya yang dibangun Pemkab Mimika sangat memperhatikan. Bagaimana tidak, pasar yang seharusnya menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli itu berubah fungsi menjadi tempat kumpul anak anak muda untuk melakukan pesta Miras.

“Sejak dibangun pasar ini tidak digunakan, sehingga dijadikan sebagai tempat kumpul anak muda untuk minum miras,” kata salah seorang warga, Magdalena Hambore saat ditemui wartawan di sekitar lokasi pasar Jumat (13/9 ).

Dirinya tidak mengetahui secara pasti alasan kenapa pasar tersebut tidak digunakan. Padahal di depan pasar, di jalan utama, justru digunakan mama mama Papua untuk berjualan. Karena berjualan persis di pinggir jalan poros Timika-Pomako, tentunya membuat resiko kecelakaan semakin tinggi.

“Kalau malam anak anak muda duduk minum disini, kadang mulai pagi. Minum sampai mabuk lalu buat kacau disini,” kata Magdalena.

Sementara Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Mimika Inosensius Yoga Pribadi mengatakan pasar tersebut dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Mimika atas usulan dari distrik dan pasar tersebut sudah diserahkan oleh pihaknya kepada pihak distrik untuk dikelola.

“Pasar itu dibangun pada tahun 2017 dan kita sudah serahkan kepada pihak Distrik. Namun alasan dari distrik katanya mereka tidak memiliki biaya operasional untuk mengelola pasar tersebut,” kata Yoga.

Selain persoalan biaya operasional sebut Yoga, dirinya juga mendapatkan informasi bahwa tanah yang dipakai untuk lokasi pasar tersebut bermasalah sehingga menjadi salah satu alasan pasar tersebut tidak bisa dioperasikan. (sel)

share on:

Leave a Response