Tim KKP Survei PPI Pomako

share on:
PPI – Inilah kapal-kapal kecil milik masyarakat dibawah 5 GT di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako. Insert : Leentje A Siwabessy. Dok/HP

Timika, HP

Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Direktorat Jenderal Logistik melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako sejaka Minggu (12/5). Dalam kunker tersebut, KKP melakukan survei lokasi pembangunan jembatan apung di PPI Pomako.

“Mereka sudah tiba kemarin dan hari ini (Senin) mereka akan survei di PPI, dan sebentar kami akan turun untuk bersama-sama melihat lokasinya dan mereka akan melakukan persentase, ” kata Kepala Dinas  Perikanan Kabupaten Mimika Leentje A Siwabessy, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Leentje mengatakan pembangunan jembatan apung tersebut diperuntukan kapal-kapal kecil ukuran 5 gross ton (GT) milik masyarakat yang selama ini tidak punya tempat pembongkaran ikan, sehingga mereka terpaksa melakukan pembongkaran ikan di sungai-sungai.

“Kita masukan proposal ke KKP untuk membangun jembatan apung. Perlunya jembatan apung itu untuk mencegah terjadinya kecemburuan sosial  antara  kapala-kapal besar dan kapal-kapal kecil milik masyarakat. Karena selama ini kita lihat kapal-kapal kecil dibawah 5GT itu kan  parker dan bongkar di sungai. Sehingga kita minta KKP untuk bangun dermaga apung  agar semua jenis  kapal kecil bisa bongkar di PPI,” paparnya.

Selain dermaga apung, sebut Leentje, pihaknya juga sudah mengajukan proposal ke KKP agar melakukan pelebaran dermaga utama PPI. Pasalnya, saat ini kapasitas PPI Pomako sudah tidak mampu lagi menampung banyaknya kapal ikan yang sandar di dermaga. “Kementerian sudah menerima kita punya proposal dan mudah- mudahan ini dijawab tahun depan. Intinya kita mencari dana dari luar selain APBD Mimika sendiru,” ungkapnya.

Leentje menyebut, dalam tahun ini juga Dinas  Perikanan Mimika akan menimbun jalan masuk menuju gudang cool stored (ruang penyimpan beku) berkapasitas 200 ton yang sudah dibangun oleh KPP. Selain itu, sarana penerangan dan melengkapi kekurangan lainnya.

Dinas  Perikanan Kabupaten Mimika memberi perhatian khusus terhadap PPI Pomako, karena Kementerian KPP sudah menetapakna PPI Pomako sebagai Sentra Perikanan Terpadu (SPT) bersama empat kabupaten lainnya di Provinsi Papua. (sel)

share on:

Leave a Response