Tingkatkan PAD, Disperindag Rutin Lakukan Tera Ulang

share on:
Pegawai Disperindag saat foto bersama disela-sela kegiatan Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari restribusi tera ulang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika rutin melakukan tera ulang setiap tahunnya.

Kepala Bidang Meteorologi Disperindag, Laitam Gredenggo saat ditemui wartawan disela-sela kegiatan, Kamis (11/7) mengatakan, tera ulang tersebut dimaksud untuk memberikan jaminan kepastian pengukuran terhadap alat Ukur Timbang Takar dan Perlengkapannya (UTTP) dalam operasional dunia industri dan perdagangan.

“Kita sudah mulai sejak kemarin (Rabu-Red) di dalam pasar sentral, sekarang kita lanjut lagi di pedagang sayuran di belakang pasar atau pasar sore,” tuturnya.

Laitam mengatakan, tim yang turun bisa lebih dari lima orang karena terdiri dari bagin tera dan retribusinya. Tahun 2019 ini pihaknya ditarget penerimaan retribusi dari tera ulang sebesar Rp.29.325.000 dan diyakininya bahwa target yang diberikan akan bisa tercapai di akhir tahun.

Dikatakan, tahun 2018 lalu pihaknya berhasil mencapai target sehingga Disperindag optimis tahun ini juga bisa capai target. Apa lagi kegiatan tera ulang ini tidak mengalami kendala apapun karena, pedagang juga antusias dan bersedia untuk dilakukan tera ulang timbangannya.

“Selain di pasar sentral nanti kami akan lakukan juga di eks pasar swadaya, toko-toko, SPBU dan di bandara. Sejauh ini yang kami lakukan tera ulang terhadap pedagang ini tidak ditemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh pedagang,” imbuhnya.

Menurutnya, pedagang menyambut baik kegiatan ini karena nanti mereka (pedagang) timbang hasil jualannya juga bisa memberikan kepuasan bagi pembeli juga. Tera ulang ini dilakukan setiap tahun jadi kepada pedagang diharapkan dapat melakukan tera ulang kembali untuk kepuasan konsumen. (zhu)

share on:

Leave a Response