TMMD Tidak Abaikan Ritual Adat Bakar Batu Hormati Leluhur

share on:
Tampak Dandim Mimika Letkol Inf Pio Nainggolan turut serta dalam.kegiatan bakar batu Foto : Istimewa

Timika, HP

Pada pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 105 di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Kabupaten Mimika yang diselengarakan Kodim 1710 Mimika tidak melupakan ataupun mengabaikan Ritual Adat Bakar Batu untuk menghormati para Leluhur sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan adat. Ritual adat yang wajib hukumnya dilakukan oleh masyarakat pegunungan dari berbagai suku yang ada di Papua dilaksanakan oleh Kodim 1710 usai upacara pembukaan TMMD oleh Wakil Bupati Mimika, Rabu (10/7) sore.

Ritual adat tersebut yang utama memiliki unsur kewajiban yang harus dilalukan, hal tersebut dikarenakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat yang diberikan Tuhan YME. Bentuk rasa syukur tersebut antara lain kelahiran bayi, pembangunan rumah dan lain sebagainnya termasuk mendapatkan kematian sekalipun.

Mengawali tradisi tersebut dimulai dengan penyerahan hewan babi sebagai persembahan dari Dandim 1710 Mimika Letkol (Inf.) Pio L. Nainggolan, S.E., M.Tr (Han) sebanyak (empat) 4 ekor kepada warga. Sebagai Dansatgas TMMD ke-105, Dandim 1710/Mimika sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sehingga turun langsung ke lapangan untuk mengikuti prosesi acara bakar batu yang diaksanakan warga sampai dengan selesai.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan warga untuk mengadakan acara adat bakar batu sebagai doa supaya dalam pelaksanaan TMMD ke-105, Kodim 1710/Mimika tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Terutama mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan dengan,” tutur Dandim saat di temui di sela-sela kegiatan.

Dandim berharap, apa yang menjadi hajatan dalam TMMD kali ini dapat terlaksana dengan lancar serta memberikan hasil yang maksimal. Sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan warga untuk mengadakan acara adat bakar batu sebagai doa supaya dalam pelaksanaan TMMD ke-105, Kodim 1710/Mimika tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

“Terutama mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan dengan. sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan warga untuk mengadakan acara adat bakar batu sebagai doa supaya dalam pelaksanaan TMMD ke-105, Kodim 1710/Mimika tahun ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Dandim. (reg)

share on:

Leave a Response