TNI-Polri Sterilisasi Area Bandara Jelang Kunjungan Jokowi

share on:

Timika HP

Para komandan satuan TNI dan Polri wilayah garnizun Timika melakukan sterilisasi dan peninjauan area Bandara Mozes Kilangin menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo di Timika pada Rabu (10/5).

Peninjauan persiapan area kunjungan Presiden Joko Widodo dipimpin oleh Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Asep Setya Gunawan, didampingi para pimpinan TNI dan Polri se-Kabupaten Mimika, Senin (8/5).

Rombongan pimpinan TNI dan Polri serta pejabat Pemkab Mimika diantaranya meninjau area ruang transit bandara,  hanggar bandara,  landasan pacu (runway), hingga memastikan kesiapan kensaraan bus di Mako Lanud Timika yang akan digunakan saat kunjungan Presiden.

Adapun data yang dihimpun, bahwa rombongan tersebut diikuti Danbrigif 20/IJK, Kolonel Inf Frits Wilem Pelamonia, Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto, Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackbon, Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Yosafat Indarto, dan sejumlah komandan satuan lainnya.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia, mengatakan pengamanan ketat tentu akan diterapkan meski pihaknya belum memastikan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo bersama rombongan transit di Timika.

I Nyoman menambahkan, kunjungan kepala negara seperti biasa tentu diikuti dengan pengamanan berlapis yang dilakukan oleh TNI di ring satu dan Polri di ring dua.

“Kalau memang beliau jadi singgah di Timika, sudah pasti kami siap lakukan pengamanan. Yang jelas pengamanan kunjungan Presiden dilakukan oleh TNI di ring satu dan Polri di ring dua,” kata Nyoman di Timika, Senin (8/5).

Adapun informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa rombongan Presiden Jokowi akan transit di Bandara Mozes Kilangin Timika selama 45 menit, Rabu (10/5), usai melakukan kunjungan kerja di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Mimika (Forkompinda) telah menggelar rapat koordinasi di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencana.

Dalam rapat koordinasi tersebut, salah satu yang dibahas menyangkut rencana kegiatan Presiden Jokowi bersama rombongan selama transit di Timika. Termasuk rencananya akan mengunjungi para pedagang di Pasar Sentral Timika. (thr)

share on:

Leave a Response