Usai Penetapan APBD, Anggota Dewan dan Pejabat OPD Gelar Seka

share on:
Pimpinan DPRD-Anggota dan Pejabat OPD serta staff Sekretriatan ikut tarian Seka/ Foto : husyen abdillah opa/ Harian Papua

 

Timika,HP

Usai menetapkan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2020 dalam Paripurna IV Masa Sidang III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika Sabtu 30/11 malam, pimpinan dan anggota Dewan, bersama Para Pejabat dilingkup Pemkab Mimika dan staff Sekretariat Dewan secara spontanitas mengikuti Tarian Seka di ruang Paripurna Kantor DPRD Mimika.

Dari Pantauan Wartawan, tarian seka yang di inisiatif oleh kepala Bagian Persidangan Sekwan Ny Widowati, SH dan puluhan staff Sekwan larut dalam gaya tarian seka yang di iringi oleh lagu khas Suku Kamoro.

Selang beberapa menit kemudian, Ketua Sementara DPRD Mimika, H. Iwan Anwar, SH, MH dan Wakil Sementara Aleksander Tsenawatne juga langsung bergabung dalam barisan atau kelompok seka dengan posisi seka di depan meja pimpinan sidang.

Melihat pimpinan sementara bergabung ikuti seka, spontan puluhan anggota dewan langsung secara spontanitas bergabung termasuk Sekretaris Dewan Paulus Dumais.

Anggota dewan yang terlihat langsung bergabung diantaranya, Robby K Omaleng, Herman Gafur, SE, Marianus Tandiseno, Rizal Pata’dang, Daud Bunga, Saleh Alhamid, Aloisius Paerong, Saleh Alhamid, Alince Beanal, Mery Pongutan, Yustina Timang, Nurman Karupukaro, Yohanis Felix Helyanan dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Tak mau ketinggalan pula asisten Setda Niky Kuahaty juga tampak ada dalam barisan seka. Selain itu sejumlah pimpinan OPD Pemkab Mimika diantaranya, Kadis Koperasi dan UKM Idha Wahyuni, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Ibu Alince, Kabag Keuangan dan Asset Martin Malissa dan sejumlah pejabat Pemkab Mimika.

Tampak Juga Sekda Marten Paiding menyaksikan langsung tari seka sambil sesekali membuang senyum melihat tarian seka dari para pejabat dilingkup Pemkab Mimika.

Sekwan Paulus Dumais disela sela tari seka mengakui bahwa seka yang dilakukan hanya spontanitas dari para pegawai dan pejabat serta pimpinan DPRD.

“Mungkin ini sebagai ungkapan  rasa syukur setelah dengan bekerja keras tanpa kenal lelah siang dan malam selama beberapa hari Mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab  dengan ditetapkannya APBD Mimika Tahun 2020. Ini untuk menghilangkan kejenuhan selama beberapa hari. Begitu juga para anggota dewan merasa bersyukur dan bsrsuka ria sehingga larut dalam tari seka, ” aku Paulus.

Salah satu staff Sekretariat DPRD Mimika, Dolly Sagrim mengatakan  ini tidak ada jadwal, namun karena bagian operator memutar lagu Seka akhirnya kami semua ikut. Senang rasanya dan ini pertama kali kebersamaan dengan dewa  yang baru dan sebelumnya tidak pernah ada, “katanya.

Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra mengatakan walau tidak ada acara seka habis paripurna, tapi karena spontanitas saja sehingga  semua mengikuti tarian seka.

“Ini kan juga sehat kalau seka. Jangan dianggap sebagai sebuah hura hura. Ini hanya karena rasa senang dan bahagia APBD Mimika bisa ditetapkan dan bisa berjalan sesuai agenda, “ungkap Nurman.

Walaupun hanya beberapa lagu saja, namun tarian Seka  acara paling akhir usai digelarnya Paripurna penetapan APBD Mimika Tahun 2020. (opa)

share on:

Leave a Response