Warga Kwamki Minta Pemerintah Segera Bangun Sekolah

share on:
Bangunan Sekolah SD Kwamki Narama Foto : ISTIMEWA/HP

Timika,HP

Warga Distrik Kwamki Narama meminta kepada Pemerintah Kabupaten Mimika untuk segera membangun kembali gedung sekolah SD Inpres yang sudah rusak dan roboh. Permintaan ini tidak lain karena banyak siswa SD Inpres Kwamki Narama yang terpaksa putus sekolah sejak robohnya bangunan sekolah mereka.

Perius Dolame salah satu tokoh masyarakat Kwamki Lama saat ditemui Harian Papua dikawasan Bandara Mozes Kilangin, Kamis (16/1) mengatakan, bahwa beberapa tahun terakhir ini, anak-anak Kwamki Narama kesulitan dalam mendapatkan layanan pendidikan.

“Semenjak perang pecah tahun 2016-2017 lalu, anak-anak tidak bebas bersekolah. Akhirnya bangunan sekolah juga rusak dan akhirnya roboh dengan sendirinya,” tuturnya.

Ia pun meminta kepada Dinas Pendidikan untuk segera membangun kembali gedung sekolah yang sudah lapuk dan rusak tersebut.

“Kemarin anggota Polisi sempat rutin mengajar anak-anak disini, tapi itu tidak lanjut. Kemudian juga mengantar anak-anak untuk sekolah di SD Inpres  di wilayah kota. Bahkan ada yang pakai ojek tiap hari, tapi akhirnya menyerah karena ongkosnya mahal,” ujarnya.

Menurutnya, hal inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah, karena anak-anak adalah aset bangsa dan merupakan generasi penerus bangsa.

“Kalau mereka tidak dididik dan dibina, mereka akan jadi apa kedepannya. Oleh sebab itu, kami minta agar mereka bisa punya bangunan sekolah lagi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendididikan Kabupaten Mimika, Jenny Ohestina Usmani saat dikonfirmasi Harian Papua melalui sambungan telepon mengatakan, bahwa pihaknya masih melakukan kajian serta verifikasi sebelum pembangunan dilakukan.

“Nanti kita lihat kedepan hasilnya seperti apa,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response