Wicklif Tegai Kembali Aktif : Akses Data Perekam e-KTP di Mimika Dipastikan Normal Kembali

share on:

Timika, HP

Jhon Wicklif  Tegai kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika menggantikan pejabat sebelumnya, Bartholomeus Kunong  berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 821.2-01 yang ditetapkan pada 15 Mei 2017.

Dengan demikian, maka perekaman data  kependudukan yang sempat dinonaktifkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  kini, server tersebut kembali bisa diaktifkan sehingga proses perekaman data kependudukan  perekaman E-KTP dan lain-lain dapat berjalan normal.

“Saya sudah terima surat keputusan dari bupati dan sekarang saya sudah mulai bekerja  kembali sebagai kepala dinas. Jadi  saya pastikan terhitung Senin pekan depan  semua akses data kependudukan kita ke kemendagri sudah bisa dibuka,”  ungkap John ketika ditemui usai menerima SK Bupati,  di Kantor Pusat Pemerintahan,  Kelurahan Karang Senang, Rabu (24/5).

John mengatakan, selain jabatan kepala dinas ada nama-nama pejabat lain yang pernah dimutasikan akan dikembalikan ke jabatannya semula diantaranya, Sekretaris, Kabid Sistem Informasi Kependudukan, Kabid Pencatatan Sipil, serta Kasie Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Sesuai dengan surat keputusan kolektif  ini yang jelas para pejabat esalon yang pernah di mutasikan ke dinas lain akan kembali menempati posisi  berdasarkan perintah dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri,” jelas John.

SK tersebuteah ditunggu sejak setahun lalu karena menurut John, sejak 27 Mei 2016 silam telah ada peringatan, sehingga Mendagri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah memerintahkan agar pejabat lama kembali ditempatkan pada posisi awal.

“Saya justru sudah menunggu surat keputusan ini sejak lama,  karena dari dulu sudah ada perinah dari Dirjen supaya ini dilakukan demi menyelamatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

John mengaku baru saja menerima SK Bupati tersebut dan diserahkan di ruang kerja  Asisten I Bidang Pemerintahan, Setda Mimika, Drs Christian Karubaba, secara tertutup  dan disaksikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mimika, Paskalis Kirwelakubun serta Kadispencapil yang selama ini menjabat, Bartolomeus Kunong.

“Setalah ada serah terima SK itu saya kemudian melakukan kunjungan ke Kantor Dispencapil untuk bersalam-salaman bersama seluruh pegawai sekaligus memantau ruang pelayanan yang ada disana,” terangya.

John  berjanji, akan menyelesaikan beberapa pekerjaan yang sudah menumpuk, dimana ada begitu banyak data kependudukan yang harus ditandatanganinya. Namun persoalan tersebut tidak akan menjadi suatu kendala karena semua kembali lagi kepada kepentingan masyarakat Mimika yang selama ini terganjal dalam pengurusan berkas kependudukan.

“Intinya mulai hari Senin pekan depan kita sudah mulai bekerja karena banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, demi  memberikan pelayanan kepada masyarakat Mimika,” ucapnya. (joe)

share on:

Leave a Response