Yohanis Wantik : Bupati-Wabup Baru Harus Perhatikan Rakyatnya

share on:
Yohanis Wantik Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika dari Komisi C, Yohanis Wantik berharap kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang baru harus memperhatikan seluruh rakyat Mimika tanpa terkecuali.

Menurutnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng  dan Wakil Bupati Jhon Rettob harus  lebih baik dari sebelumnya dengan membawa kemajuan dan kesejahteraan rakyat Mimika.

“Kami minta Pak Bupati Omaleng harus memperbaiki kinerjanya, jangan seperti kemarin  kemarin. Harus berubah untuk lebih memberikan perhatian kepada masyarakat Mimika. Kami sangat mendukung kepemimpinan yang baru ini dan semoga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dengan lebih memihak kepada rakyatnya,” kata anggota Yohanis Wantik di kantor DPRD Mimika, Senin (9/9) siang kemarin.

Menurut Wantik pada periode  belum maksimal terutama pada dua bidang prioritas  yaitu sektor  kesehatan dan pendidikan.

Ia berharap pada periode yang baru ini diharapkan Bupati Omaleng yang di dampingi oleh Wakil Bupati yang baru bisa menutupi kekurangan di kedua bidang tersebut dengan melakukan kerjasama yang harmonis sehingga bisa terlaksana.

“Kemarin itu pendidikan sangat minim dan tidak maksimal. Terus masalah kesehatan itu juga kurang jadi pada periode ini harus ditingkatkan. Kemudian hal yang penting adalah keberpihakan kepada masyarakat asli terutama dua suku besar Amungme dan Kamoro dalam hal dana-dana Otsus,”tuturnya.

Dirinya meminta kepada Bupati Omaleng di periode yang baru ini dalam melakukan roling jabatan di tingkat Organisas Perangkat Daerah (OPD) harus benar-benar memilih orang-orang yang mau bekerja dan berpihak kepada orang-oranga Papua.

Dengan demikian nantinya selain bisa melaukan pengelolaan anggaran APBD juga bisa melakukan pengelolaan dana Otsus untuk kepentingan masyarakat Papua.

“Pa Bupati harus bisa pilih pimpinan OPD yang tepat, jangan karena dekat atau dapat bisikan sana-sini akhirnya salah langkan dalam menentukan pejabat OPD. Pilih yang benar-benar memberdayakan dana Otsus untuk masyarakat Papua, jangan sampai dihabiskan di dalam internal birokrasi,” ungkapnya.

Ditambahkan Wantik, bahwa pihak DPRD akan selalu mendukung seluruh program-progran Pemkab Mimika dengan kepemimpinan periode yang baru. Tetapi program-program tersebut harus berpihak kepada masyarakat Mimika untuk bisa membangun Kabupaten Mimika lebih baik dari periode sebelumnya.

“Yang bisa menjawab Visi Misi periode yang baru ini adalah dengan berpihak dengan rakyat dan bisa mengendalikan para OPD bukan para OPD yang mengendalikan pimpinanya seperti yang terjadi pada periode sebelumnya,”ujarnya.(reg)

share on:

Leave a Response