Lucky Mahakena : Tidak Ada Anggaran KPS Tidak Dilayani Di RSUD

share on:

Timika, HP

Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena mengatakan, dikarenakan tidak adanya anggaran di Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua, terhitung sejak tanggal 1 September, pasien selaku peserta  Kartu Papua Sehat (KPS) tidak lagi dilayani secara gratis oleh seluruh faskes termasuk RSUD Mimika.

Menurut Lucky layanan gratis bagi peserta KIS ini bukan atas kebijakan RSUD Mimika, tetapi merupakan keputusan dari Dinkes Provinsi Papua. karena itu, kurang lebih dua minggu yang lalu RSUD Mimika telah melakukan sosialisasi dan mengumumkan hal tersebut kepada seluruh pengguna KPS di Mimika mengingat, penggunaan KPS tidak diberhentikan, akan tetapi mekanismenya dialihkan ke KIS.

“Kami sudah sosialisasikan hal ini kepada setiap pasien yang merupakan peserta KPS saat datang berobat ke RSUD. Intinya tidak diberhentikan, tapi dialihkan ke KIS. KIS itu sama kurang lebih sama dengan BPJS,” kata Luky saat dihubungi via telepon, Selasa (3/9).

Lucky menjelaskan bahwa, pihak RSUD Mimika juga tetap memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa memahami perubahan administrasi yang terbaru terkait pengalihan KPS ini. Pengalihan ini juga tetap memberikan pelayanan kepada warga Papua.

Diharapkan kepada seluruh peserta KPS untuk mengajukan usulan ke Dinas Sosial (Dinsos). Dalam hal ini, agar Dinsos bisa keluarkan rekomendasi ke BPJS sehingga warga bersangkutan bisa memperoleh KIS.

“Kemungkinan juga akan ada validasi data oleh Dinsos supaya bisa keluarkan rekomendasi ke BPJS untuk terbitkan KIS. Intinya tidak berarti tidak dilayani oleh RSUD atau faskes lainnya, tapi KPSnya dialihkan ke KIS,” jelasnya.(reg)

share on:

Leave a Response