Mimika Jadi Tuan Rumah  Turnamen Bola Basket Kemenpora 2019

share on:
Keterangan Foto : Sekretaris KONI Mimika, Cesar A Tunya foto bersama dengan panitia pelaksana usai menggelar konferensi pers di Sekretariat KONI  Senin (9/12) Foto : Marsel Balawanga /HP

Timika, HP

Mimika Sport Complex (MSC) di Mimika akan digunakan untuk menyelenggarakan Pertandingan Turnamen Bola Basket Kementerian Pemuda dan Olahraga 2019 yang akan dilangsungkan pada Sabtu (14/12) hingga Selasa (17/12).

Sekretaris KONI Mimika, Cesar A Tunya mengatakan pada 21 November lalu, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengirimkan surat ke PB-PON Papua XX Sub Mimika, Perbasi Provinsi Papua dan Perbasi Mimika guna menyelenggarakan turnamen ini.

“Ini merupakan tes even cabor untuk melihat kemampuan panitia penyelenggara (lokal-red), mampu tidak mengadakan even ini. Panitia lokal sudah dibentuk untuk turnamen ini,” ujarnya.

Cesar mengatakan, turnamen ini dapat diselengarakan karena adannya kunjungan mantan Menpora Imam Nahrawi, 27 Juli lalu.

“Waktu itu beliau mengatakan bahwa kita akan selenggarakan tes even Perbasi. Walau sudah tidak menjabat namun sudah ada tindaklanjut dan rekomendasi dari beliau sehingga Mimika akan menjadi tuan rumah turnamen ini,” ungkapnya.

Ketua Panitia Wiliam Toro menambahkan, selain panitia lokal, turnamen ini juga melibatkan panitia pusat dan provinsi. Rabu (11/12) nanti, panitia kemenpora mereka sudah di Timika.

“Tugas kami panitia lokal adalah menservice mereka baik pemain, perangkat pertandingan hingga wasit agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan sukses,” ujarnya.

Wiliam mengatakan, Kamis (12/12) nanti panitia lokal akan melakukan pertemuan dengan panitia lokal sekaligus mengadakan workshop bersama.

“Jumat para pemain sudah tiba di Mimika, sorenya langsung technical meeting. Semua akan menginap di Horison,” ujar Wiliam.

Turnamen ini akan diikuti oleh 6 tim PON dari Provinsi Banten, Bangka Belitung, Papua, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat.

“Mereka akan dibagi dalam dua pool. Pertandingan 4 hari, pembukaan jam 1 siang di MSC. Jam 2 pertandingan. Jadi setiap jam 7-12 mereka berlatih. Rencananya juga ada 2 tim IBL yang akan melakukan exebisi namun kita belum dapat kepastian. Kita juga diminta untuk laporkan kesiapan dan kondisi MSC secara jujur ke mereka,” ungkapnya. (sel)

share on:

Leave a Response