Persemi Mimika Cup I Resmi Dibuka, 26 Kesebelasan Berebut Juara

share on:
PEMBUKAAN - Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, Robby Omaleng, Cesar Avianto Tunya, Mohammad Thoha dan Petrus Yumte dengan bendera kesebelasan peserta pada pembukaan Persemi Mimika Cup I 2019 di Lapangan Timika Indah, Minggu (13/1)/ Foto : Bur/HP

“Ajang ini untuk menjaring atlet profesional. Saya berharap semua peserta menjunjung fair play, bermain jujur dan sportif. Termasuk kepada panitia dan wasit pertandingan”

 Timika, HP

Turnamen Sepak Bola Persemi Mimika Cup I 2019 resmi dibuka, Minggu (13/1). Sebanyak 26 tim kesebelasan akan berebut jadi yang terbaik guna meraih trofi juara dan dana pembinaan yang disiapkan Persemi Mimika sebagai penyelenggara.

Ajang yang pertama kali digelar tersebut menggunakan sistem setengah kompetisi. 26 tim yang ikut dibagi dalam empat grup. Pertandingan akan berlangsung hingga 20 Februari mendatang. Pertandingan fase grup berlangsung di Lapangan Yonif 754, tim yang lolos selanjutnya akan bermain di Lapangan Timika Indah.

“Ajang ini untuk menjaring atlet profesional. Saya berharap semua peserta menjunjung fair play, bermain jujur dan sportif. Termasuk kepada panitia dan wasit pertandingan,” pesan Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding sebelum menabuh tifa tanda dibukanya Mimika Cup I 2019 di Lapangan Timika Indah.

Melalui ajang Persemi Mimika Cup I 2019, Marthen berharap terjaring atlet-atlet muda sepak bola yang selanjutnya akan dibina oleh Persemi dan KONI Mimika. Marthen menaruh harapan besar, beberapa atlet sepak bola Mimika bisa mewakili Provinsi Papua pada ajang PON XX tahun 2020 mendatang.

“Pemain yang terjaring nantinya adalah bibit-bibit yang unggul dan terampil, sehingga Persemi bisa membawa kabupaten ini jadi besar di dunia sepak bola. Kita punya potensi besar, kenapa tidak kita manfaatkan. Kalau perlu, nanti anak-anak kita ada yang jadi pemain PON. Ada duta kita di sana dan menjadi kebanggaan kita, keluarga dan masyarakat Mimika,” harapnya.

Manajer Persemi Mimika, Robby Omaleng sebagai penyelenggara menyatakan, Persemi Mimika Cup I 2019 merupakan titik awal kebangkitan dunia sepak bola di Kabupaten Mimika. Ia menaruh harapan sama, dari ajang tersebut akan terjaring atlet-atlet yang diproyeksi mewakili Papua pada PON 2020. Untuk itu Robby berharap wasit yang memimpin pertandingan wajib berlaku adil dan jujur dalam setiap keputusannya.

“Para atlet harus bermain sportif. Persemi Mimika tidak akan mengambil pemain dari luar, tapi memanfaatkan kemampuan atlet lokal. 2019 ini target kami masuk ke liga II Indonesia,” janji Robby.

Panitia penyelenggara sebenarnya menargetkan 32 tim kesebelasan yang ikut pada ajang Mimika Cup I 2019. Setelah seleksi administrasi dan pemain, hanya 26 tim yang dinyatakan memenuhi syarat.

26 tim yang jadi resmi sebagai peserta melaksanakan defile, disaksikan Marthen Paiding, Robby Omaleng, Ketua Harian KONI Mimika Cesar Avianto Tunya dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Mimika, Mohammad Thoha. Rangkaian pembukaan Mimika Cup I 2019 ditutup dengan pertandingan eksebisi antara Persemi Allstars vs Pemkab Mimika. (bur)

share on:

Leave a Response