PMBC Juara Home Tournament Biliar Mimika 2019

share on:

 

Timika, HP

Home Tournament Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Mimika tahun 2019 resmi ditutup, setelah digelar Series ke-5 yang berlangsung selama dua hari di Rumah Biliar Onw Week Biliar Club (OWBC), Minggu (15/12).

Dalam ajang Home Tournament POBSI Mimika tahun 2019 ini, Papua Mandiri Biliar Club (PMBC) keluar sebagai juara dengan perolehan 3 medali yakni 1 emas dan 2 perak dengan mengumpulkan 320 poin, disusul Timika Indah Biliar Club (TIBC) yang memperoleh 1 emas, 2 perak dan memiliki poin yang sama dengan PMBC. Sedangkaan One Week Biliar Club (OWBC) menempati peringkat ketiga dengan perolehan 1 emas, 1 perak, 1 perunggu dengan jumlah poin 330.

Urutan keempat diraih DOZ Biliar Club dengan perolehan medali 1 emas, 3 perunggu dengan jumlah poin 455, disusul Planet Biliar Galaxi Club di urutan kelima dengan perolehan medali 1 emas dan poin 200. Urutan keenam Amungme Biliar Club mendapatakan 1 medali perunggu dengan jumlah poin 55, dan urutan ketujuh ditempati Foker Biliar Club dengan perolehan 35 poin.

Sementara untuk kategori atlet dengan perolehan poin tertinggi diraih oleh Ersal dari Timika Indah Biliar Club (TIBC) dengan jumlah poin 180 dan mendapat hadiah satu set stik biliar. Urutan kedua John Tebay dari Planet Biliar Calaxi Club (PBGC) yang mengumpulkan 150 poin, dan juara ketiga dari DOZ Biliar Club 142 poin atas nama Ardi.

Pada Home Tournament Series ke-5 dalam partai final perebutan juara ketiga mempertemukan John Tebay dari PBGC dan Eben dari DOZ BC yang dimenangkan oleh Eben. Sedangkan perebutan juara 1 mempertemukan Darul dari PMBC dan Hengki dari OWBC yang dimenangkan Hengki.

Saat penutupan Home Tournament POBSI 2019, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika Staf Ahli Bupati Mimika Kristian Karubaba dalam sambutannya mengatakan, potensi atlet biliar di Kabupaten Mimika sangat luar biasa dan menjanjikan apabila dibina dengan baik, ditunjang dengan sarana dan prasarana olahraga yang memadai, serta dukungan motivasi agar atlet-atlet pemula bisa menambah jam terbang untuk bermain pada event-event di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Ternyata potensi biliar yang ada di Mimika sangat luar biasa dan kita berikan apresiasi kepada bapak Frits Hombore yang menjabat sebagai kareteker yang mana telah membuat rumah biliar dengan fasilitas yang bisa kita lihat bersama, dan kepada para senior tentunya kita harus bina dorong motivasi kepada adik-adik kita sehingga mereka bisa berkembang dan bisa tampil di event nasional. Karena kita tahu potensi Mimika kedepan itu sangat majemuk,” kata Karubaba.

Kesempatan yang sama, Ketua terpilih POBSI Mimika Rocky Patinama mengucapkan terima kasih kepada club dan atlet yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Home Tournament POBSI Mimika sejak 5 bulan dan akhirnya sampai pada pengujung turnamen yaitu pelaksanaan series kelima dan memberikan hasil yang terbaik  “Setelah sekian lama rangkaian series dari beberapa bulan yang lalu kita semua capehikut turenamen saya ucapkan terima kasih atas partisipasi,” kata Rocky.

Rocky menjelaskan, tujuan dilaksanakan Home Tournamen agar para atlet bisa menambah jam terbang dan mental bertanding, sehingga kedepan apabila akan dilaksanakan tournamen para atlet binaan club masing-masing telah siap untuk bertanding baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat nasional. “Tujuannya hanya satu, kita latih mental bertanding, sehingga kedepan semua sudah siap bertanding diluar,” jelasnya.

Sementara itu Caretaker POBSI Kabupaten Mimika Frits Hombore mengatakan, persaing masing-masing atlet dinilai hampir sama dan banyak mengalami peningkatan saat mengikuti Home Tournamen dari series 1 hingga series 5. “Perolehan point untuk series terakhir ini hampir sama banyak dan sudah mulai menonjol dan bisa berkembang untuk menjadi atlet yang luar biasa dan itu yang kami harapkan,” kata Frits.

Sebagai motivasi dirinya berpesan kepada seluruh atlet Biliar yang ada di Kabupaten Mimika agar selalu terlibat dalam setiap event-event yang digelar, sehingga bisa menunjukan kepada KONI Mimika bahwa POBSI Mimika telah bangkit dan bisa membina para atlet biliar di Mimika.

“Secara pribadi saya sampaikan untuk atlet-atlet semua, untuk terlibat dalam event-event dan bisa menunjukan kepada KONI Mimka bahwa kami tidak mati suri yang selama ini mati suri kita sudah berusaha untuk bangkit kembali,” ujarnyas.

Frits berharap pengurus KONI Mimika bisa mengeluarkan rekomendasi kepada pengurus POBSI Mimika terpilih untuk segera dilantik, sehingga ke depan program POBSI Mimika terkait dengan pembinaan atlet bisa dilaksanakan. “Semoga ke depan kita bisa dapat rekomendasi dari KONI agar pengurus yang sudah terpilih bisa terbentuk,” harapnya. (rik)

share on:

Leave a Response