16 Siswa SMK di Mimika Tak Ikut UNBK

share on:
Pengumuman menjaga ketenangan pada pelaksanaan UNBK hari kedua di SMK Negeri 3 Mimika, Selasa (26/3). bur/HP

Timika, HP

Memasuki hari kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Mimika, sebanyak 16 siswa tercatat tidak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga hari kedua pelaksanaannya, Selasa (26/3). Siswa- siswa tersebut dijadwalkan mengikuti ujian susulan sekitar 12 April nanti.

“Sesuai aturan harus ada surat ketetangan sakit dari dokter untuk diikutkan ujian susulan,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) wilayah Meepago B, John Lemauk Spd MEng kepada wartawan di SMK Negeri 3 Mimika.

Selama dua hari pelaksanaan UNBK, ia bersama pengawas dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Papua, Pengawas Dinas Pendidikan Papua dan Panitia UNBK Mimika telah memonitoring 17 sekolah. Monitoring ke sekolah lain akan dilanjutkan pada hari ketiga dan keempat.

Dari 24 SMK di Kabupaten Mimika, 20 diantaranya telah mengikuti UNBK, empat lainnya masih Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Dari 20 SMK itu, 14 diantaranya telah jadi penyelenggara mandiri, enam sisanya masih menumpang di sekolah lain. Seluruh SMK di Mimika ditargetkan telah mengikuti UNBK pada tahun ajaran 2019-2020.

“Selama dua hari ini semua lancar, tak ada gangguan jaringan internet dan listrik,” kata John.

Pengawas Dinas Pendidikan Papua, Pipin Marpaung membenarkan. Menurutnya, dalam dua hari monitoring UNBK di Mimika nyaris tanpa kendala. Metode UNBK memang sangat efektif dan efisien dibanding UNKP.

Di Papua sendiri menurutnya, hampir seluruh SMK telah mengikuti UNBK. SMK di Kota Jayapura, Kabupaten Waropen dan Supiori bahkan sebutnya 100 persen mengikuti UNBK tahun ini.

“Sampai hari ini semua bagus, kita lihat besok dan lusa,” katanya.

UNBK untuk SMK dimulai Senin (25/3) kemarin dan akan berlangsung sampai Kamis (28/3). Setiap hari dujikan satu mata pelajara, beturut-turut; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Produktif Kejuruan.

UNBK sejatinya tak akan jadi penentu kelulusan siswa. Standar kelulusan siswa ditentukan sekolah masing-masing. Ketua Panitia UNBK Mimika, Manto Ginting menjelaskan, UNBK prinsipnya untuk memetakan mutu pendidikan setiap sekolah, daerah hingga tingkat nasional. Pemetaan yang demikian akan jadi dasar kebijakan pemerintah dalam peningkatan dan pembangunan dunia pendidikan. (bur).

share on:

Leave a Response