Orang Tua Diharapkan Fokus Didik Anak di Rumah

share on:

Sentani, HP

TP-PKK Mimika menanggapi viralnya aksi perundungan anak-anak terhadap teman kelasnya yang terjadi di Purworejo agar tidak terjadi di Mimika. Menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Mimika Kalina Omaleng, agar tidak terjadi kasus perundungan terus menerus, orang tua harus lebih fokus mendidik anak-anak mereka di rumah.

“Anak-anak jadi nakal dan suka pukul orang adalah karena kurang atau bahkan tidak mendapat didikan dari orang tua di rumah. Akhirnya dia bertumbuh menjadi anak yang nakal dan mau menang sendiri,” tutur Kalina saat ditemui Harian Papua di Hotel Suni Lake Garden Sentani, Jumat (14/2).

Kalina mengatakan, banyak orangtua masa kini yang melupakan tanggung jawab mereka sebagai orangtua. Dalam arti mereka hanya sebatas pemberi kebutuhan terhadap anak, tapi lupa mendidik.

Dikatakan, bahwa untuk mendidik anak-anak, diperlukan kerjasama antara guru di sekolah, orangtua dan guru tokoh agama. Jikalau kerjasama itu berjalan dengan baik, niscaya pertumbuhan anak-anak akan menjadi lebih baik.

“Mereka pasti bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa serta dibekali pengetahuan dan pemahaman yang benar mengenai tatanan hidup,” katanya lagi.

Ia berharap kejadian malang di Purwerojo baru-baru ini tidak terjadi di Kabupaten Mimika. Pasalnya aksi itu sangat memprihatikan, karena korban dan pelaku masih sama-sama anak di bawah umur.

“Kalau hal itu terjadi, pasti akan sulit karena anak-anak sekolah disisi lain tetap harus melanjutkan sekolahnya, namun disisi lain akan menjalani proses hukum atas perbuatannya. Semoga hal ini tidak terjadi di Timika,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response