SMAN 6 Mimika Optimis Jadi Sekolah Paling Berprestasi

share on:
Kepala sekolah SMAN 6 bersama komite sekolah dan para pemerhati pendidikan Kabupaten Mimika meniup kue ulang tahun dalam perayaan HUT ke 6 SMAN 6 Mimika/ Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

SMA Negeri 6 Kabupaten Mimika optimis ke depannya akan menjadi sekolah paling maju dan paling berprestasi diantara sekolah negeri lainnya di Kabupaten Mimika. Karena meskipun baru berumur enam tahun tapi sudah banyak prestasi yang diperoleh murid-murid SMAN 6 di bidang akademis maupun non akademis.

“Sudah enam tahun sekolah ini berdiri dan dalam kurun waktu itu kami tetap berjalan dengan semangat meskipun masih dalam kekurangan. Kami mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa. Serta adanya peningkatan jumlah siswa dari tahun ke tahun,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 6 Mimika, Drs Willem Nauw dalam sambutannya dalam perayaan HUT yang ke 6 di halaman sekolah SMAN 6, Sabtu (9/2).

Willem saat ditemui wartawan usai acara mengungkapkan, SMAN 6 bisa terus eksis karena perjuangan berat yang dilakukan para guru dan dukungan dari pemerintah baik Pemerintah Kabupaten Mimika maupun Pemerintah Provinsi Papua. Selain itu, bantuan dari pihak pemerhati pendidikan sehingga sekolah SMAN 6 saat ini bisa semakin maju dan bahkan memiliki gedung sekolah sendiri diatas tanah milik SMAN 6.

“Segenap civitas akademika SMAN 6 menyampaikan ungkapan terima kasih kepada berbagai pihak terutama Pemkab Mimika. Dimana yang memiliki respon baik walaupun harus dilalui dengan suka dan duka hingga terbukti dibangunkannya fasilitas kepada kami sebagai mana kita menyaksikan wujudnya sekarang ini,” ungkapnya.

Willem berharap Pemkab Mimika masih tetap memperhatikan dan membantu terhadapan pembangunan SMAN 6. Pasalnya meskipun kewenangan pendidikan menengah saat ini ada di tingkat provinsi, tetapi masih ada bagian yang menjadi tanggung jawab Pemkab Mimika. Hal itu akan menjadi motivasi agar pihaknya bisa bekerja lebih maksimal untuk menhasilkan generasi yang berprestasi.

“Harapan kami agar Pemkab Mimika tetap memberikan bantuannya kepada kami untuk melengkapi infrastruktur sekolah yang masih kurang. Karena SMAN 6 adalah aset Pemkab Mimika,” harapnya.

Sementara itu Ketua musyawarah kerja pengawas pendidikan menengah Kabupaten Mimika Laurensius Lasol SAg MPd menyatakan bahwa SMAN 6 memiliki perkembangan yang sangat baik dengan demikian pihaknya merasa bangga karena tadinya SMAN 6 yang diangga sekolah biasa berkembang menjadi sekolah yang luar biasa. Hal tersebut nampak dari keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Namun, dengan jerih payah dari pimpinan sekolah bersama stakeholder dan dewan guru sekarang SMAN 6 menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Sebagai pengawas sekolah kami merasa ada progres yang signifikan yang terjadi pada SMAN 6. Pada usia yang ke 5 pada tahun kemarin saja sudah dipromosikan menjadi sekolah model. Berarti sekolah yang melaksanakan sistem penjaminan mutu untuk pemenuhan delapan standar nasional pendidikan,” tuturnya.

Selanjutnya pemerhati pendidikan Kabupaten Mimika yang juga memiliki andil dalam memajukan SMAN 6, Frits Hombore berpesan agar aset berupa gedung dan tanah SMAN 6 harus dijaga dengan baik bersama-sama. Pasalnya berdirinya SMAN 6 dilakukan dengan perjuangan panjang dan sekolah merupakan tempat untuk mencetak generasi Kabupaten Mimika yang berprestasi dan membanggakan.

“Semua pihak harus jaga sekolah ini karena sekolah merupakan tempat untuk menjadikan kita menjadi pintar. Oleh sebab itu marilah kita sama-sama memajukan pendidikan di Kabupaten Mimika untuk generasi kita,” ujarnya

HUT SMN 6 tersebut seharusnya dilakukan pada tanggal (31/2) tetapi bertabrakan dengan rangkaian agenda ujian nasional maka acara tersebut dimajukan. Hadir dalam acara tersebut pihak komite sekolah, pemerhati pendidikan Kabupaten Mimika, kepala sekolah dan para guru serta para alumni mulai dari angkatan I sampai angkatan ke III. (reg)

share on:

Leave a Response