35 Anggota DPRD Mimika Ikuti Orientasi di Jayapura

share on:

 

Jayapura, HP

Sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Mimika periode 2019-2024 mengikuti kegiatan orientasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai wakil rakyat selama lima hari yang berlangsung di Hotel Horizon Jayapura sejak Selasa (3/12) hingga Sabtu (6/12).

Dalam rilis Bagian Humas Sekretariat DPRD Mimika menyebutkan orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua itu diikuti Ketua Sementara H Iwan Anwar SH MH, Wakil Ketua Sementara Aleks Tsenawatme dan seluruh anggota DPRD Mimika.

Kegiatan orientasi para wakil rakyat itu sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Peraturan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Perubahan Permendagri Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan orientasi itu dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Provinsi Papua Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa SH yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Dalam sambutannya, Doren Waker mengatakan bahwa kegiatan orientasi itu digelar untuk kembali menyegarkan pemahaman para anggota dewan terkait wawasan kebangsaan dan pemerintahan.

“Anggota DPRD perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi dinamika tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih baik. Melalui kegiatan orientasi ini dapat memberikan sumbangan pemikiran serta peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi anggota DPRD. Kegiatan ini wajib dilaksanakan, untuk meningkatkan semangat pengabdian wakil rakyat dalam mengemban amanah yang di percayakan oleh masyarakat terpilih sebagai anggota DPRD,” ungkap Doren.

Orientasi yang dilaksanakan selama lima hari tersebut diisi dengan beberapa materi antara lain tentang , Dinamika Kelompok , Pancasila, UUD 1945, Bhinena Tunggal Ika, NKRI dan Wawasana Kebangsaan, Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintah Indonesia, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Hubungan Kerja Antara DPRD dengan Kepala Daerah,  Fungsi, Tugas dan Wewenang Serta Hal dan Kewajiban DPRD.

Sebagaimana diketahui bahwa orientasi ini juga adalah menjalankan Permendagri RI Nomor 133 Tahun 2017 Tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan Permendagri Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Orientasi Dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Guna untuk meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan, Ketrampilan, sikap dansemangat Pengabdian Anggota DPRD dalam Melaksanakan Tugas Pemerintahan Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal lain juga melalui kegiatan orientasi ini merupakan salah satu hak dari anggota DPRD Baik Provinsi Maupun Kabupaten/ kota sebagaimana yang diamanatkan pada konstitusi, yakni pada pasal 107 dan 160 Undang-undang nomor 23 Tahun 2014.

Sementara dalam Pasal14 ayat (1) Permendagri Nomor 14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri RI Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota menerangkan bahwa orientasi hanya satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD.

Orientasi hari pertama pada Selasa (3/12) meliputi materi tentang Bahaya Narkoba oleh BNN Propinsi Papua dan materi Perencanaan dan Penganggaran  oleh Bappeda Provinsi Papua.

Hari kedua, Rabu (4/12), materi yang diberiktan meliputi Dinamika Kelompok dengan narasumber  Septimnus Wamrauw SSos MSi, Kemudian materi Pancasila, UUD 1945, Bhinena Tunggal Ika, NKRI dan Wawasana Kebangsaan dengan pemateri  Anthon Y Imbenai Ssos Msi, dan materi Internalisasi Integritas disampaikan oleh Elizabeth J Urbinas SP MM.

Pada hari ketiga, Kamis (5/12) ini, materi orientasi  meliputi Sistem Pemerintah Indonesia denga narasumber Dr Ir Stevanus Thane MM, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah oleh Wara K Wulan MSi dan Hubungan Kerja Antara DPRD dengan Kepala Daerah disajikan oleh Drs Burhanudin MSi.

Pada hari keempat, Jumat (6/12) besok, masih materi yang sama yaitu Hubungan Kerja Antar DPRD dengan Kepala Daerah Oleh Drs Burhanudin MSi dan materi tentang Gungsi Tugas dan Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD yang akan diberikan oleh Dr Drs Melmambessy Moses MM. Kemudian pada hari terakhir, Sabtu (7/12), semua anggota DPRD Mimika check out dan kembali ke Timika. (*/rik)

share on:

Leave a Response