Bawaslu Mimika Selidiki Kades Maju Caleg

share on:
Yonas Janampa Ryeno Guritno/HP

Timika, HP

Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika selidiki kasus kepala desa yang maju menjadi calon legislative tahun 2019.

Ketua Bawaslu Mimika Yonas Janampa mengatakan, penyelidikan itu dilakuka setelah adanya laporan dari masyarakat terkait adanya Kepala Desa (Kades) yang maju caleg dan belum mengundurkan diri dari jabatannya. Hal tersebut dilakukan karena kepala desa sifatnya sama dengan aparatur sipil negara (ASN). Sehingga harus mengundurkan diri terlebih dahulu.

“Sudah kami tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan terkait masalah adanya laporan ada Kades yang nyaleg,” kata ketua Bawaslu Mimika Yonas Janampa di Hotel Cendrawasih 66,” Senin (25/3).

Yonas mengungkapkan pihaknya sudah menyelidiki dan mendapatkan klarifikasi, baik terhadap yang bersangkutan maupun kepala distrik, teryata pengunduran diri sudah dilakukan. Sehingga tidak menjadi masalah dalam pencalonan sebagai caleg di Pemilu 2019 ini.

“Jadi terkait laporan kepala desa yang jadi caleg sudah tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Yonas menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan klarifikasi dan koordinasi ke berbagai pihak, khususnya kepala distrik, terkait pencalonan kepala desa menjadi calon legislatif (caleg).

“Sampai hari ini, dalam melakukan pengawasan belum ada laporan yang masuk. Meskipun ada, hanya satu atau dua, dan itu sudah diselesaikan sehingga tidak sampai ke tingkat selanjutnya,” tegasnya.

Yonas menambahkan, sebagai pihak pengawas Pemilu, maka dirinya mengimbau kepada seluruh caleg untuk mematuhi aturan yang ada. Baik itu Undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu maupun Peraturan KPU (PKPU).

“Kami minta semua pihak mematuhi undang-undang dan peraturan yang ada. Sehingga dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti bisa jujur, adil, berdaulat, dan bermartabat seperti yang kita harapkan bersama,” ujarnya.(reg)

share on:

Leave a Response