KPU dan Forkompinda Mimika Ajak Masyarakat Tidak Golput

share on:
Suasana siaran live KPU Mimika bersama Bawaslu dan Forkompinda Mimika terkait Pemilu 2019 di Radio Publik Mimika, Selasa (26/3/2019). (Ryeno Guritno/ HP)

Timika, HP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika dan Bawaslu bersama Forkompinda Mimika serta tokoh agama dan organisasi kemasyarakat melakukan siaran langsung (live) di Radio Publik Mimika (RPM), Selasa (26/3/2019).

Siaran live tersebut guna menyampaikan informasi terkait Pemilu 2019 sekaligus mengajak seluruh masyarakat pemilih se-Kabupaten Mimika, baik di Kota Timika dan sekitarnya hingga pelosok pesisir dan pedalaman untuk ikut dalam pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Siaran live itu merupakan program KPU Mimika yang dilakukan sesuai jadwal yang ada. Dalam siaran live itu, KPU dan Bawasklu maupun Forkompinda mengajak masyarakat agar tidak golput, tidak terpancing isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), ujaran kebencian, politik uang dan lainnya, sehingga Pemilu 2019 di Kabupaten Mimika berjalan secara jujur, adil, aman, damai, dan bermartabat.

Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola menjelaskan siaran live yang dikemas dalam dialog interaktif itu untuk menjangkau masyarakat Mimika dimana pun berada. Siaran melalui RPM itu penting dilakukan karena banyak masyarakat di pedalaman yang belum mengetahui informasi terkait Pemilu 2019.

“Live ini tujuanya apa yang disampaikan itu bisa menjangkau saudara-saudara kita yang tidak punya kesempatan untuk membaca koran atau media online. Dengan menggunakan radio ini diharapkan bisa menjangkau saudara-saudara kita dalam menyampaikan informasi Pemilu 2019,” ujar Indra saat ditemui usai melakukan live di RPM.

Menurut Indra, penyampaian informasi pemilu dengan cara dialog itu guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019, dan diharapkan peran serta masyarakat dalam mendukung Pemilu serta kesiapan dari sisi penyelenggara sendiri. “Kita sampaikan kepada masyarakat untuk mendukung Pemilu 2019, dan datang ke TPS masing-masing serta menjaga keamanan agar pemilu berjalan sukses nantinya,” kata Indra.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto menambahkan,  siaran live itu menjadi penting karena bersifat interaktif dengan masyarakat. “Sehingga kita dapat masukan dari masyarakat, bagaimana harapan masyarakat terhadap dinamika Pemilu ini. Kegiatan ini jangan sampai berhenti di sini, tetapi menjelang 17 April diagendakan lagi, supaya kita buat perencanaan baik dan bisa mendengar masukan dari masyarakat untuk bisa kita mengintrospeksi diri,” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response