KPU Mimika Lanjutkan Pelipatan Surat Suara

share on:
Luther Beanal

Timika, HP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika melanjutkan pelipatan surat suara DPR Provinsi Papua pada Kamis (14/3/2019). Pelipatan surat suara yang dihentikan sementara oleh KPU Mimika beberapa waktu lalu karena adanya surat suara DPR Papua dari Dapil 4 yang diterima oleh KPU Mimika.

Komisioner KPU Mimika Divisi Program dan Data, Luther Beanal mengatakan, sekarang ini pihaknya melanjutkan pelipatan surat suara untuk DPR Papua Dapil 3 yang berjumlah 40 koli. Setelah pelipatan, selanjutnya dilakukan penyortiran. Untuk mekanismenya diatur oleh sekretariat. “Kelanjutan pelipatan ini karena sebelumnya diberhentikan karena ada surat suara dari Dapil 4 untuk DPR Provinsi Papua masuk ke kami,” kata Luther.

Sebelumnya, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola menjelaskan, dihentikannya pelipatan suarat suara tersebut karena ditemukannya surat suara dari DPRP Papua Dapil 4 yang tercampur disetiap koli yang ada di surat suara DPRP Papua Dapil 3. “Setelah kami rapat, kami sepakat hentikan sementara waktu untuk melakukan sortir. Tidak semua koli, ada sih ditemukan surat suara Papua Dapil 4, tapi banyak jumlahnya makanya kami hentikan untuk disortir,” ujarnya.

Indra mengungkapkan, pada hari pertama dimulainya pelipatan surat suara memang belum ditemukan adanya surat suara DPRP Papua Dapil 4 yang tercampur di Dapil 3. Temuan itu saat proses pelipatan surat suara hari kedua.

“Kami memperkirakan temuan itu ada sejak hari pertama, tapi baru ketahuan pada hari kedua, mungkin karena kurang jelinya pelipat ini, akhirnya ya kami hentikan dulu untuk disortir untuk memastikan agar tidak tercampur,” ungkapnya.

Indra menambahkan, untuk surat suara yang sudah dilakukan pelipatan yakni surat suara DPR RI dan yang sedang proses pelipatan adalah DPRP Papua. Sedangkan untuk pelipatan suarat suara Pilpres, DPD RI dan DPRD Kabupaten Mimika belum dilakukan.

“Yang sudah dilipat DPR RI dan DPRP masih berlanjut, karena kemarin kami hentikan. Untuk surat suara lainnya belum, dan kita masih pertimbangkan keamanannya yang maksimal nantinya,” kata Indra. (reg)

share on:

Leave a Response